Thursday, September 15, 2016

Perbedaan "a" dan "an" Pada Bahasa Inggris


Apa perbedaan "a" dan "an" di dalam Bahasa Inggris? Ini pertanyaan yang sering di tanyakan oleh anak murid saya setelah beberapa minggu saya menjelaskan apa perbedaan antara a dan and. Mungkin suka terbalik-balik atau bisa jadi karena jarang latihan (mengerjakan soal grammar) sehingga murid-murid sering lupa. Baik sekarang kita akan membahas apa perbedaan antara a dan an.
Sumber Foto: Dakumen Pribadi

Pada dasarnya a dan an memiliki arti yang sama yaitu 
"sebuah", "seekor", "seorang", "sebatang".

Contoh:

1. a car (Sebuah mobil)
2. a bird (Seekor burung)
3. a girl (Seorang perempuan)
4. a tree (Sebatang pohon)

Nah, kata "a" digunakan hampir pada semua kata bahasa Inggris yang diawali dengan huruf konsonan. Seperti contoh diatas "a car", kata "car" dimulai oleh huruf "c" yang mana "c" adalah huruf konsonan. Begitu juga dengan kata "bird, girl, dan tree" yang di awali dengan huruf konsonan "b, g, dan t". 

Sementara itu kata "an" digunakan pada semua kata yang diawali dengan huruf vocal atau lebih tepatnya saat di lafalkan akan berbunyi huruf vokal (huruf hidup), seperti: a, i, u, e, dan o. Contoh:

1. An apple
2. An icon / an item
3. An umbrella
4. An education / an employee
5. An orange

Sebagai catatan dan harus di ingat :

Namun ada beberapa kosakata yang memang di lafal dengan diawali oleh  huruf vocal walaupun huruf awalnya konsonan. Contoh seperti kata "hour", di baca /ouer/ atau /aur/, maka di gunakan "an hour".

Sebaliknya ada kosakata yang diawali dengan huruf vocal namun saat dilafal di awali dengan huruf konsonan. Contoh seperti kata "university", maka kata tersebut harus di pakai "a university".



Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon