Thursday, December 29, 2016

5 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris


Mendapat undangan interview pekerjaan adalah satu langkah lagi menuju dunia kerja. Ia nya bisa sukses, dan bisa juga gagal. Tentunya jika kita tidak pernah mempersiapkan diri saat menghadapi interview maka kita lebih besar mendapatkan kegagalan saat interview. Perlu diketahui bahwa setiap interview akan memiliki jenis-jenis pertanyaan yang berbeda-beda pula. Namun pun begitu, ada beberapa pertanyaan yang paling dominan untuk ditanya saat interview pekerjaan dengan menggunakan bahasa Inggris. Grogi itu wajar, oleh karena nya kita butuh latihan sebelum hari H dengan melatih diri menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanya saat interview kerja dalam bahasa Inggris. Nah kali ini kita akan membahas 5 pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview kerja dalam bahasa Inggris. Berikut kelima pertanyaannya:


Can you tell me (us) something about yourself?
Bisakah anda menceritakan sedikit tentang diri anda kepada saya/kami? Ini adalah pertanyaan pertama yang sering ditanya saat kita menghadapi interview pekerjaan di dalam bahasa Inggris. Pertanyaan ini sebenarnya sangat simple dan mudah untuk di jawab, namun karena grogi bisa jadi kita kewalahan dalam menjawabnnya. Untuk menjawab pertanyaan ini kita bisa menceritakan tentang diri kita seperti nama asli (dan nama panggilan), tempat tinggal, asal sekolah, status (single/married), umur (jika memungkinkan untuk disebutkan), hobi, dan juga family seperti adik/kakak/abang. Usahakan jangan sampai curhat di saat interview. Misalnya kita sedang menceritakan tentang adik/kakak/abang, lalu kita juga menceritakan kejengkelan-kejengkelan mereka di rumah atau sesuatu yang bersifat peribadi sekali. Bila menceritakan hobi, ceritakan hobi yang bisa memberi kontribusi, misalnya hobi kita mengambil foto alias tukang photo atau bahasa kerennya photographer maka hal tersebut menjadi nilai tambah. Beberapa murid yang saya interview "what is your hobby?" spontan mereka menjawab "sleep" (tidur). Rasa nya aneh sekali jika tidur dijadikan sebuah hobi, tidak produktif sekali. Oleh karenanya carilah suatu hobi yang produktif, contoh hobi yang produktif lainnya seperti edit photo, design grafis, menulis, travelling, dan hobi lainnya.


Could you tell me (us) about your personality?
Bisakah anda menceritakan tentang sifat/sikap (personality) anda? Untuk menjawab pertanyaan yang kedua ini, kita bisa menjawab nya dengan sifat-sifat positif yang kita miliki. Misalnya

  • "I am persistent", 
  • "I am hard working", 
  • "I never give up easily", 
  • "You can depend on me to be on time"
  • "You can depend on me to be professional"
  • "I can work under pressure"
  • "I am people person"
  • "I am easy going"
  • "I am serious about my work, but also like to have fun".
  • "I like being with people".


Dari list jawaban-jawaban diatas, kita bisa menambahkan contoh-contoh nya. Misalnya "I never give up easily", kita bisa memberikan contoh dimana suatu hari mungkin kita mengerjakan tugas yang banyak saat kuliah, dan kita tidak menyerah dalam menyelesaikannya. Persiapkan contoh-contoh (di tempat kerja/sekolah) pada tiap-tiap sifat yang kita utarakan. Jika kita tidak punya pengalaman kerja, maka kita bisa memberikan contoh-contoh saat kita berjuang di bangku kuliah.  Jujurlah pada diri sendiri, jika tidak bisa bekerja dibawah tekanan, ungkapkan saja atau tidak perlu diutarakan. Sekali lagi bangun lah sifat positif mu untuk menjawab pertanyaan ini. 

What is your greatest strengths?
Apa kelebihan/kekuatan yang anda miliki? Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus terleih dahulu mengevaluasi diri kita sendiri. Apa kelebihan yang kita miliki saat ini, baik sadar maupun tidak sadar. Tanyakan pada orang terdekat kalian supaya bisa kita mengetahui apa-apa saja kelebihan kita menurut pandangan orang dan menggabungkan dengan pendapat sendiri. Misal nya kelebihan kita adalah bisa menulis artikel satu hari satu artikel atau bisa bekerja di bawah tekanan. Nah lagi-lagi kita harus memberikan contoh-contoh pada tiap-tiap kekuatan yang kita ungkapkan. Dengan begitu contoh-contoh dari kekuatan yang kita ungkapkan akan menjadi suatu bukti nyata. Selamat meng-evaluasi diri.


What is your greatest weakness?
Apa kekurangan terbesar yang anda miliki? Berbeda dengan pertanyaan diatas, kali ini si interview menanyakan kekurangan yang kita miliki. Kita semua pasti memiliki kekurangan, tidak mungking tidak, dan itu pasti. Dalam mensiasati hal ini, ada baiknya kita menyebutkan satu kekurangan dari kita. Misalnya:

  • "My greatest weakness could bee:::ee (sambil mikir) my educational background. I study music, but i work in business"
  • "It probably my  knowledge on accounting, I still can learn though"
Pertama kita harus membuat bahasa kita lebih halus dengan menggunakan kata-kata seperti "it could be ...", "it may be ...". Hal ini penting mengingat kita pada dasarnya memiliki banyak kekurangan, jadi kita pilih satu dan pun bahasa nya sudah kita perhalus. Lalu bagian kedua yang harus di poles adalah mengubah negatif menjadi positif. Coba perhatikan lagi contoh kedua diatas, dia menyatakan bahwa dia lemah di akutansi, dan dia mencoba untuk menguubahnya menjadi positif dengan menyatakan bahwa dia masih mau belajar. Yang perlu diingat adalah mengubah kekurangan kita dengan hal yang positif. 

What do you like doing in your free time?
Apa yang suka anda lakukan saat waktu luang? Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa kita harus memiliki hobi yang produktif. Hobi tersebut harus produktif. Contoh hobi-hobi yang produktif: Olah raga, kreasi tangan seperti merajut, design, photographer, travelling, menulis, dan masih banyak hobi-hobi lainnya yang positif. Jika hobi itu seperti design, menulis, atau photographer, ada baiknya kalian juga mempersiapkan portfolio nya. Sehingga kita bisa menunjukkan karya kita.

Sekian saja 5 pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview kerja dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat. Share kepada teman-teman yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi interview pekerjaan dalam bahasa Inggris. Good luck.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

2 comments

Artikel yang bagus , memang bahasa Inggris sangat di perlukan dalam dunia pekerjaan terlebih lagi sekarang bahasa Inggris sudah lumrah di sebagian kalangan ...
Inilah tantangan bagi kita untuk mempelajari hal-hal baru ..
Seperti nya topik kita hampir sama , salam kenal , sukses selalu

Iya Mas Hory, semoga menambah wawasan kita bersama. Iya kurang lebih topiknya sama, tapi punya Mas dalam bahasa Indonesia. Beda tapi satu tujuan ^_^ Salam kenal juga dan sukses juga buat Mas.


EmoticonEmoticon