Friday, December 16, 2016

Cara Fokus Belajar Bahasa Inggris di Era Digitalisasi


Di zaman yang serba digitalisasi seperti saat ini, kita tidak bisa pungkiri bahwa semua kalangan dan tua maupun muda, pria maupun wanita, pasti mengenal dunia internet. Tidak jarang, di saat kita mau fokus belajar suatu matakuliah/bahasa Inggris dengan menggunakan komputer yang terkoneksi dengan internet, maka kita akan berakhir dengan membuka sosial media atau menonton Youtube yang mana tidak ada hubungannya dengan materi yang ingin kita pelajari.

Pernah kah kalian berniat "malam ini aku mau belajar bahasa Inggris?" dan waktu malam hari nya kita berpura-pura ingin dengar lagu terlebih dahulu di Youtube sebelum belajar, namun setelah sejam justru kita bukan belajar, malah kita nonton film atau justru jadi "perawi film" (donwload film). Phenomena itu disebut dengan digital detox. Berikut kita akan membahas beberapa tips agar terhindar dari digital detox dan bisa fokus untuk belajar lebih serius.


(1) Say "No" to Internet.


Bukan berarti kita tidak boleh menggunakan internet, namun disaat kita mau belajar usahakanlah jangan terkoneksi dengan internet, baik itu melalui handphone maupun Lapto/PC. Jangan berfikir untuk mengecek social media sebentar-sebentar, tunda dulu dan fokuslah dengan belajar. Dengan begitu kita bisa fokus dengan belajar.

(2) Kertas, pulpen, dan buku

Hanya ada kertas, pulpen dan buku-buku pelajaran saja yang ada di depan kita. Fokus pada satu hal. Jika ingin membaca, maka membaca saja. Jika ingin me-review pelajaran, maka review saja. Bersihkan meja belajar agar lebih nyaman, jauhkan benda-benda yang bisa mengganggu kosentrasi seperti handphone.

(3) Setting waktu

Setting waktu per-kegiatannya, misalnya membaca buku 10 -20 menit, atau menulis selama 30 - 40 menit. Setiap satu jam sekali berilah break (istirahat 10 menit) agar kita tidak tertekan dan lebih fresh. Lakukan hal ini setiap hari (jika memungkinkan), dan luangkanlah waktu bersama keluarga juga, sehingga kita tidak selalu dalam keadaan belajar. Silaturrahmi itu penting.

(4) Bersih-Bersih dan Jalan-Jalan

Mandi, cuci muka dan berpakaian rapi bisa meningkatkan fokus belajar kita hingga 100%. Di samping bersih-bersih, jalan-jalan juga di butuhkan. Tidak usah jauh-jauh, jalan-jalan saja di sekitaran rumah kita, atau mungkin di lapangan bola dekat rumah. Thawaf (jalan-jalan)lah beberapa kali di lapangan bola agar bisa menjernihkan pikiran dan fresh di saat belajar.

(5) Memberikan hadiah untuk diri sendiri.

Nah untuk yang satu ini sangat penting. Kita harus bisa menghargai diri kita sendiri setelah kita berhasil men-disiplin-kan diri kita sendiri. Tidak perlu hadiah yang mewah, cukup belikan makanan ringan untuk diri kalian seperti coklat, ice cream, bakso atau bermain game.

Itulah beberapa tips dari kita untuk kalian yang sedang mengindap digital detox. Semoga bermanfaat, share ke teman-teman kita agar mereka juga bisa terhindar dari digital detox.


Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon