Sunday, December 11, 2016

Cara menggunakan pencarian Google secara efektif

Bagi kita mahasiswa, Google search engine adalah mesin pencari luar biasa di dunia persilatan internet. Mau tanya informasi apapun akan di suguhkan secara cepat dan dengan jumlah yang banyak pula. Sebagai pelajar, kita memanfaatkan Google untuk mencari informasi mengenai study kita. Namun saat kita sedang mencari-cari informasi yang kita butuhkan kita justru tersesat sendiri di Google dan berakhir dengan mengatakan "gak ada bahannya di internet".

Sumber Photo: pexels.com

Bagi kamu-kamu yang masih mahasiswa dan sedang mencari bahan kuliah atau jurnal artikel di google secara efektif gunakan beberapa tips berikut ini:

(1). Gunakan tanda kutip dua " ... "

       Gunakan tanda kutip dua untuk menspesifikkan pencarian kita agar topic yang kita cari muncul di top ten pencarian google. Jika ingin lebih spesifik lagi untuk pencarian pada sebuah situs ada baiknya menggunakan kata SITE. Contoh site:nytimes "Aceh"


(2) Gunakan kata DEFINE.

      Jika kita ingin mendapatkan definisi dari sebuah terminologi/istilah maka gunakan kata define di awalnya dan diikuti oleh istilah tersebut. Contoh define:language acquisition



(3) Gunakan ALLINTITLE atau INTITLE

      Gunakan kata allintitle jika kita menginginkan semua kata tersebut di cari oleh google di setiap judul dari situs-situs atau artikel yang dicari oleh google . Sedangkan intitle berfungsi untuk mecari satu kata saja pada judul pada artikel di halaman-halaman website yang di cari oleh google. Contoh: allintitle: language acquisition theory


(4) Gunakan FILETYPE.

     Jika kita ingin mencari informasi dalam bentuk file tertentu kita bisa menggunakan filetype dan diikuti dengan tipe file nya. Contoh jika kita menginginkan language acquisition theory dalam bentuk pdf saja maka kita harus mengetik seperti ini dalam kolom google search: filetype:pdf language acquisition. Maka semua informasi yang berhubungan akan muncul dalam bentuk pdf.



Berikut beberapa singkatan file lainnya:
  • PPT : Microsoft Powerpoint
  • TXT: Text
  • XLS: Microsoft Excel
  • DOC: Microsoft Word
  • SWF: Shockwave
Sekian infomasi ini semoga bermanfaat. Share dan komen jika bermanfaat karena ada teman-teman lainnya yang di luar sana yang sedang membutuhkan informasi ini. 

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

6 comments

terimah kasih informasi nya, memang jika kita menggunakan pencarian di google menfaatkan syntax akan lebih mudah dan cepat penemukan apa yang kita cari...

betul.kadang saya juga sesat berkali2,tapi saya tau cara keluarnya hehehe.selamatkan mas yang tersesat,agar ilmu teknologi tidak di sesatkan bagi yang membutuhkan.kembangkan terus artikelnya mas untuk kalangan studi perkuliahan.sukses mas

hehehe.. iya Mas. Terima kasih. Semangat juga buat Mas Budi ^_^

Cara yang nomor 4 sering aku gunakan mas, tapi 3 cara di atasnya belum pernah nyoba sama sekali :D

sama Mas, saya keseringannya pakai no. 1 dan 4 :D yang lain cuma pernah sekali :D


EmoticonEmoticon