Sunday, December 25, 2016

Direct dan Indirect Speech (Kalimat Langsung dan Tidak Langsung)


Kali ini kita akan membahas apa itu direct speech dan indirect speech. Saat pertama sekali mempelajari tentang apa itu direct speech dan indirect speech agak sedikit sulit. Pasalnya karena ada dua jenis kalimat dan juga terkadang di pengaruhi oleh bentuk tenses. Sebelum jauh membahas direct dan indirect speech dalam bentuk tenses-tenses yang berbeda, ada baiknya kita mengetahui dasar nya terlebih dahulu.

Direct speech adalah kalimat langsung, dengan kata lain adalah kita mengulang atau mengucapkan kembali apa yang sudah di ucapkan oleh orang lain kepada kita lalu kita beritahu orang lainnya. Contoh, misal kita mendapat kabar dari seseorang bahwa di sakit, sebut saja Bunga. ^_^ saat itu bunga langsung menghubungi kita, baik lewat hp, atau media sosial lainnya, atau mungkin kita tidak sengaja kerumahnya dan melihat dia sedang sakit. Nah lalu keesokan hari nya kita pergi ke sekolah. Berhubung kita sekelas dengan si Bunga, kita mengetahui bahwa Bung sedang sakit. Tiba lah sang guru menanyakan "kenapa Bunga tidak hadir hari ini?". Otomatis kita pasti memberitahu ibu/bapak guru bahwa bunga sakit. Contoh kalimat langsung nya adalah seperti ini:

  • Bunga says "I am sick".
Bunga says: Kalimat pengantar nya.
I am sick : Kalimat yang dilaporkan.

Sementara itu Indirect speech adalah kalimat tidak langsung. Masih sama dengan direct speech, namun kalimat yang dilaporkannya agak sedikit berbeda. Dalam artian kita tidak mengulang secara tepat kata-kata si Bunga melainkan kita ubah menjadi kalimat biasa. Mari kita perhatikan contoh kalimat dibawah ini:
  • Bunga says that she is sick
Bunga says: Kalimat pengantarnya.
She is sick: Kalimat yang dilaporkan.

Pada contoh kalimat diatas kita bisa lihat bahwa bedanya antara direct speech dan indirect speech adalah pada kalimat yang dilaporkan. Direct speech menggunakan tanda kutip dua " ...", sementara indirect speech tidak menggunakan tanda kutip. Untuk indirect speech sendiri, kita harus menguasai perubahan-perubahan subject pronoun ke object pronoun, dan begitu juga sebaliknya. Kita lihat lagi contoh dari indirect speech diatas, setelah kata that subjek Bunga digantikan dengan "she".

Itu hanya penjelasan singkat yang sang kiranya mudah dipahami bagi kita pemula. Indirect dan direct speech ini akan lebih rumit disaat kita membahas nya dalam konteks tenses. Kita akan membahas tentang direct dan indirect speech dalam konteks tenses di tulisan berikutnya. Silakan di share jika bermanfaat, namun jika masih bingung, silakan komen dibawah ini.

Baca artikel terkait: Direct dan Indirect Speech (Part II)

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon