Friday, December 23, 2016

Hal-hal Yang Harus di Persiapkan Saat Job Interview

Saat kita melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan, kita pasti berharap banyak untuk bisa mendapatkan peluang interview. Karena saat interview kita dapat menunjukkan kemapuan berkomunikasi kita dan juga penampilan kita. Namun begitu, sekrang jaman sudah berubah, dimana interview pekerjaan tidak selalu face-to-face. Face-to-face adalah bertatap muka. Sekarang juga ada interview melalui online (via Skype), dan juga ada yang melalui telepon.

Sumber Foto: pexels.com

Apapun jenis interview yang kita dapatkan, harus kita persiapkan diri agar dapat menarik perhatian yang melakukan interview ke kita. Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan saat menghadapi job interview, berikut hal-hal tersebut:

Sebelum hari H

Ada baiknya kita melakukan penelitian kecil-kecilan sebelum hari interview kita. Kita bisa mencari tahu sejarah perusahaan tersebut. Kapan berdirinya, siapa pendirinya, siapa-siapa saja kompetitors nya, dan juga berita-berita terkait dengan perushaan tersebut harus lah sudah kita cari tahu sebelum menghadapi interview pekerjaan. Untuk mendapatkan informasi-informasi tersebut, ada baiknya kita mencari tahu melalui website perusahaan, atau brosur-brosur perusahaan tersebut. Persiapkan juga kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris kita, karena kita tidak akan tahu interview bisa jadi menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jika kita melamar di perushaan asing, sudah pasti menggunakan bahasa Inggris. Sementara itu jika perusahaan lokal, kita harus juga menjaga ucapan-ucapan kita agar terlihat formal dan profesional. Kemudian kita juga harus mempersiapkan pakaian formal untuk interview. Kebersihan juga menjadi aspek yang di nilai saat interview pekerjaan.

Saat Interview

Saat hari H interview yang paling penting di dunia adalah tiada lain tiada bukan yaitu TEPAT WAKTU. Wow, kata itu tepat waktu di bold :D, pasal nya kebanyakan dari kita selalu terlambat. Jadi untuk menghindari keterlambatan di hari H, ushakan tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Pergilah 1 jam sebelum jadwal interview. Lha kok cepat sekali? iya, harus lebih cepat. Karena apa? ini bukan karena apa-apa, ini merupakan tiada lain tiada bukan saat dalam perjalanan kita tidak mengetahui apa yang kita jumpai. Bisa jadi ada kecelakaan, bocor ban kereta, habis minyak kereta dan hal-hal aneh lainnya. Disamping itu jika kita naik kendaraan umum, bisa jadi terlalu macet, hujan, dan hal-hal lainnya yang aneh-aneh. So, jadilah kita orang yang tepat waktu.

Senyum ! jangan cemberut saat bertemu orang apalagi jika sudah di lobby perusahaan. Sapalah dengan sopan orang-orang yang ingin kita jumpai. Make eye contact, you know what I mean right? Maksudnya adalah lihatlah kepada orang yang sedang berbicara dengan kita. Jangan asyik dengan HP yang pintar itu saat sedang interview. Atau bisa jadi gugup, sehingga kita tidak berani melihat ke arah si bapak/ibu interview. Ada baiknya berlatih di depan kaca sebelum hari H. Postur tubuh juga jangan lembe, harus tampak tegap dan semangat. Satu lagi, bagi laki-laki jangan merokok sebelum interview, karena aroma nafas tidak sedap setelah merokok.

Langkah-langkah harus diperhatikan:

  • Ketuk pintu terleih dahulu sebelum kita masuk ke ruang interview.
  • Senyum lalu beri sapa (contoh: selamat pagi) dan atau ucapkan salam dengan sopan.
  • Biarkan Bapak/ibu si interview yang menentukan apakah berjabat tangan ataupun tidak. Jika berjabat tangan, jangan genggam terlalu erat, hanya sekedar saja.
  • Jangan duduk sebelum di suruh oleh interviewer.
  • Easy and relax saja, dan berbicaralah secara natural dan sopan.
  • Jaga eye contact dengan interviewer, sesekali boleh melihat kearah dagu nya buatlah senyaman mungkin. Jangan menatap dimata si interviewe terlalu lama.
  • Usahakan memberikan jawaban yang di elaborasi, maksudnya jangan hanya "yes" or "no" saja tapi juga bisa di beri penjelasan/info lebih detail.
  • Berikan jawaban yang benar, termasuk kemampuan/ kekurangan, dan ingkah laku.
  • Diakhir interviewe, kita biasanya di minta untuk bertanya. Nah kita bisa bertanya tentang prospek karir, atau pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh perusahaan tersebut.
  • Ucapkan terima kasih di akhir interview dan berjabat tangan lagi.
Itu saja yang harus dipersiapkan saat job interview. Tetap berdoa setelah intrview, jika memang rezeki, maka kalian akan di telpon. Namun jangan berkecil hati jika tidak diterima. Kita bisa evaluasi diri, apa yang kurang dan bagaimana meningkatkannya. Dan selalu berpikiran positif, siapa tahu perusahaan besar sedang menunggu kalian di masa depan. Share dan komen jika bermanfaat.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon