Thursday, December 15, 2016

Mengajar Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Game #2


Sebagai calon guru bahasa Inggris, ada baiknya kita selalu mempelajari beberapa game yang mudah kita terapkan di kelas. Saat memilih game apa yang cocok untuk di terapkan di kelas harus lah kita memperhatikan:
  • Ukuran kelas
  • Jumlah siswa
  • Material seperti kertas, bola, pulpen/spidol, dan peralatan lainnya.
Dengan memperhatikan hal-hal diatas, kita akan mampu memodifikasi game-game yang pernah kita baca di buku atau kita pelajari. Hal tersebut dikarenakan saat kita mengajar kita tidak akan mendapatkan kelas yang selalu nyaman dan juga dengan anak murid yang super "baik budi" mau mendengar. Oleh karenanya kita lah yang harus memodifikasi nya. 

Berikut kita akan membahas satu game yang tidak ribet, namun powerful (my opinion ^_^) dan juga bisa kita terapkan di sekolah manapun dengan tipe siswa apapun. Hal pertama yang harus di persiapkan membagi siswa-siswa menjadi beberapa kelompok. Saya merekomendasikan untuk membagi kelompok menjadi 5 atau 6 (jika kelas besar) atau 3 atau 4 (kelas sedang/kecil). 

Cara membagi kelompok.
  • Berikan tiap siswa angka, dimulai dari angka 1,2 dan seterusnya sampai 5 (jika 5 kelompok).
  • Tiap siswa harus ingat nomor nya masing-masing.
  • Suruh siswa untuk bangun dari bangkunya dan berkumpul dengan siswa-siswa lainnya yang memiliki nomor yang sama. Group nomor 1 kumpul di pojok kelas misalnya, group nomor 2 di belakang kelas, dan begitu seterusnya.
Setelah group terbentuk, tanyakan kepada tiap-tiap group apa nama group mereka (of course in English). Tuliskan nama group mereka di papan tulis, agar nanti kita bisa memberikan nilai. Kemudian suruh mereka agar mempersiapkan kamus (online/offline/hardcopy) selembar kertas dengan nama group mereka paling atas kertas dan pulpen agar nanti mereka bisa menuliskan kosakata-kosakata bahasa Inggrisnya. Nah, jika sudah di tahap ini, kita sudah ready untuk bermain, berikut langkahnya:
  • Kita sebagai guru persiapkan juga selembar kertas kosong yang nantinya kita menulis sebuah vocabulary apa saja di dalam bahasa Indonesia. Contoh, saya menuliskan kata "rumah".
  • Panggil salah seorang dari tiap-tiap group untuk maju kedepan, lebih tepatnya berdiri di belakang kita (sebagai guru). Pastikan mereka yang maju bisa melihat kertas kita dan membaca kosakata yang kita tulis, dalam hal ini "rumah".
  • Lalu mereka kita suruh kembali ke group masing-masing. Nah disini mereka harus menjelaskan kosakata tadi di dalam bahasa Inggris (Advance learners; bisa di modifikasi) tanpa menyebutkan nama benda tersebut baik itu di dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. 
  • Teman-teman yang ada di group tersebut harus menebak kosakata apa yang di jelaskan teman itu. 
  • Jika mereka sudah mengetahui apa benda nya, maka mereka yang duduk group tadi harus menuliskan kosakata tersebut di dalam bahasa Inggris.
  • Kemudian mereka harus membawa lari kertas yang berisikan kosakata yang mereka tulis tadi ke kita (sebagai guru).
  • Kita harus memeriksa apakah tulisan nya benar atau salah. Jika benar beri group itu nilai dan di tuliskan di papan (tepat di bawah nama group mereka). Saya biasanya suka menggunakan angka 100. 
  • Dan jika ada yang bermain curang, maksudnya tidak menjelaskan apa nama benda nya, maka group tersebut mendapat -50 (minus). Dengan begitu mereka menjadi lebih termotivasi untuk berjuang untuk menang. 
  • Berikanlah hadiah kecil-kecilan seperti permen atau kue semacam citos atau chocobos. 
Sekian saja, semoga game simple ini bisa diterapkan di kelas dan menambah minat belajar bahasa Inggris siswa. Share, karena siapa tau ada kawan yang membutuhkan info ini atau komen jika ada yang ingin didiskusikan. 

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon