Saturday, December 31, 2016

New Year, Bahasa dan Tradisi

Singkat cerita perayaan tahun baru pun menembus ruang dan waktu hingga sampai ke generasi kita saat ini. Saat ini kelendar yang paling di gunakan di seluruh dunia adalah kelender masehi atau juga dikenal dengan sebutan Gregorian calendar yang dimulai dari bulan januari.


Kata New Year atau yang artinya "tahun baru" di dalam bahasa Indonesia adalah sebuah permulaan yang baru pada perhitungan suatu kelender. Menurut dictionary.com pada hari pertama di bulan pertama dari kelendar atau tanggal 1 pada setiap perhitungan kelender menjadi tahun baru. Hal ini disebabkan karena tahun yang lalu (lama) tidak berlaku lagi di kehidupan masyarakat dunia (atau setempat). Disamping kalender masehi yang mana dimulai dari bulan Januari, ada beberapa jenis kelender lainnya yang kita ketahui. Kali ini kita hanya membahas 2 jenis saja yaitu:

Chinese New Year atau juga dikenal dengan Lunar Calendar. Lunar calendar mengikuti perhitungan bulan. Untuk tahun baru Chinese calendar biasa nya berkisar diantara tanggal 21 January - 21 February. Pengalaman saya tinggal di Taiwan, perayaan tahun baru cina tidak disertai kembang api. Suasana Chinese New Year mirip dengan suasana hari Raya Idul Fitri di Indonesia. Yes, mereka juga pulang kampung. Berkumpul dengan sanak famili di malam tahun baru adalah agenda besar bagi tradisi masyarakat Taiwan. Perayaannya pun simple sekali, ngumpul bareng dengan keluarga, barbeque-an, main mahjong (baca: mahyong), curhat-curhatan, atau sekedar jalan ke tempat-tempat wisata. Chinese New Year berlangsung sekitaran  7 sampai 10 harian. Jadi jangan heran jika ke Taiwan pada tahun baru Cina, banyak toko dan supermarket yang tutup. Hal ini dikarenakan memang mereka sedang berhari raya saat itu.

Islamic New Year atau juga dengan Hijriah Calendar. Kalender Hijriah dimulai dengan bulan Muharram. Sama dengan kalendar Chinese New Year, kalendar Hijriah pun mengikuti sistem perhitungan bulan, 12 bulan juga. Namun bedanya adalah tahun baru Islam tidak memiliki tanggal spesifik/tertentu pada penanggalan Gregorian. Hari pada kalender Hijriah pun berkisar 354 hari. Alhasil setiap tahun baru Islam lebih awal 11 hari kalau di perhatikan pada kalender Gregorian. Kalendar Islam sendiri tidak memiliki perayaan yang khusus pada malam tahun baru.

Terlepas dari banyak jenis-jenis kalendar di dunia, kalendar masehi paling di gunakan saat ini. Kalendar masehi di gunakan dalam dunia bisnis, ekonomi, politik, pendidikan dan hal-hal lainnya. Dan kalender ini di gunakan secara global di dunia sehingga kita ummat manusia memiliki satu waktu yang bisa menjadi tolok ukur untuk sebuah waktu.

Nah selain sistem perhitungan hari (kalender), Bahasa Inggris pun salah satu media komunikasi yang mempersatukan masyarakat dunia saat ini. Menurut dictionary.com penulisan kata tahun baru dalam bahasa Inggris ternyata harus diawali dengan kapital. New Year. Saat kita

Asal usul kata New Year.
Kata New Year berasal dari Middle English pada tahun 1150 - 1200 (sumber: Klik disini). Selain New Year, ada juga sebutan lainnya untuk malam/hari tahun baru, yaitu:
  • New Year's Eve atau juga disebut dengan Hogmanay merupakan malam tahun baru, tepat nya malam pada tanggal 31 Desember. The Julian calendar adalah kalendar awal sebelum kalender Gregorian. The Julian calendar diprakarsai oleh Julius Caesar pada 1 Januari 45-46 tahun sebelum masehi. Akan tetapi Gereja Kriten tidak menyukai perayaan tahun baru dengan menyembah berhala, dan membuat pesta malam tahun baru pada tanggal 25 Maret. Namun beriring waktu orang-orang di dunia terutama di London tetap merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari dan tahun 1878 untuk pertama sekali diadakan pesta tahun di ruang publik. Untuk sumber nya bisa klik disini.
  • New Year's Day biasa juga disingkat dengan New Year's. Pagi hari tanggal 1 Januari, sudah menjadi hari libur hampir diseluruh penjuru dunia.
Sekian saja artikel kali ini, semoga menambah wawasan kita semua. 

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon