Friday, December 23, 2016

6 Web Penyedia Journal Artikel Bahasa Inggris

Sebagai mahasiswa dengan jurusan sastra Inggris/ pendidikan bahasa Inggris harus banyak membaca journal article. Journal article disini adalah jurnal penelitian yang sudah bisa di akses secara publik baik itu berbayar maupun gratis. Jurnal artikel yang di sediakan di dalam situs-situs di bawah ini adalah dalam bentuk file elektronik. Namun, ada beberapa situs berbayar misalnya, menyediakan jurnal dalam bentuk print out buku nya. Biasanya untuk bentuk print out ada di pustaka-pustaka yang sudah subscribe pada jurnal tersebut. Berikut adalah beberapa situs penyedia jurnal artikel teaching and learning English.

Baca juga: 8 Situs dan Aplikasi Bermanfaat Bagi Pelajar Yang Waajib Kamu Ketahui



(1) ERIC
Eric adalah salah satu situs penyedia jurnal artikel yang paling kami rekomendasikan. Pasalnya situs ini menyediakan banyak jurnal dengan topik penelitian teaching & learning English secara open access atau dengan sebutan lain gratis. Walaupun ada yang berbayar, kita masih bisa akses abstract nya sehingga kita masih bisa mengambilnya sebagai referensi untuk penelitian kita.

Baca juga: Cara Terjemah Dokumen Dengan Google Translate


(2) ISJD [Indonesian Scientific Journal Database]
ISSJS adalah salah satu situs yang kami rekomendasikan khusus untuk anak negeri yang ingin selalu update jurnal-jurnal penelitian di Indonesia. Jurnal ini memiliki jurnal-jurnal yang berkenaan dengan bahasa. Walaupun tidak tampak lengkap, tapi banyak jurnal-jurnal  lama maupun baru yang bisa membantu kita dalam mengumpulkan referensi untuk penelitian kita. Tentunya dengan mengutip jurnal-jurnal karya anak bangsa, kita juga bisa memperkaya khazanah keilmuan dan penelitian bahasa di Indonesia. ISJDS sendiri open access, sehingga bisa kita akses secara gratis dimanapun kita berada.



(3) The Asian EFL Journal

The Asian EFL Journal database adalah jurnal tentang bahasa Inggris gratis. Jurnal ini lebih menitik beratkan pada issue-issue penelitian (research) dalam dunia bahasa Inggri, dan juga pada pembelajaran atau pengajaran bahasa Inggris. Database ini sangat membantu dikarenakan jurnal-jurnal nya pun lebih global dalam arti kata research bahasa Inggris di sekitaran benua Asia. Dengan begitu kita lebih kaya akan fenomena-fenomena unik yang belum pernah kita temui di kelas kita di Indonesia. Namun, jika kita sedang mencari jurnal terkait isu-isu tertentu agak sedikit kewalahan. Hal ini dikarenakan setiap volume jurnal yang di publikasi memiliki topik penelitian yang berbeda-berbeda. Ada baik nya mengunakan kotak pencarian pada website atau tekan Ctrl + F lalu masukkan kata kunci yang ingin di cari.



(4) Directory of Open Access Journals (DOAJ)
DOAJ merupakan jurnal database yang gratis juga. Disini kita bisa mendownload jurnal-jurnal secara gratis. Masukkan kata kunci (keyword) yang ingin di cari kedalam kotak pencarian. Misalnya kita ingin mendapatkan jurnal terkait dengan Listening, maka ketik keyword Listening di dalam kotak pencarian. Atau kita juga bisa meng-akses jurnal-jurnalnya melalui Browse Subjects.



Baca juga: Cara Mudah Download Jurnal Artikel Berbayar

(5) Applied Linguistic Journal
Oxford Journal Applied Linguistics adalah salah satu journal database yang paling bergengsi di dalam dunia persilataan penelitian belajar dan mengajar bahasa Inggris. Namun sayang nya tidak dapat di akses secara gratis. Oleh karena nya mintalah bantu dari teman yang kuliah di luarnegeri untuk mendownload jurnal artikel yang kita butuhkan dari Applied Linguistics Oxford Journal.




(6) JSTOR
JSTOR merupakan jurnal database yang bergengsi juga, namun sayang kita tidak bisa mendapatkan akses yang free 100%. Akan tetapi kita masih bisa mendapatkan abstract nya sehingga kita masih bisa mengutip beberapa informasi penting dari jurnal-jurnal ternama. Kali ini mereka memiliki program "Register & Read" yaitu program meng-akses jurnal-jurnal di JSTOR secara gratis. Jika kita memiliki teman yang sedang kuliah di luar negeri, tidak ada salah nya meminta teman kita disana untuk men-download-kan jurnal daari JSTOR yang kita butuhkan. Semoga membantu.

Baca juga: 6 Pola Pikir Saat Membaca Artikel Penelitian

Note: Untuk di perhatikan:
  • Pastikan kita mengetahui benar keyword-keyword dalam penelitian anda.
  • Ketik-kan keyword itu kedalam box search (kotak pencarian) dari jurnal database website.
  • Pastikan kita mencoba mencari-cari dengan keyword-keyword yang berbeda namun similar topik.
  • Minta bantulah kepada teman yang sedang kuliah di luar negeri untuk mendownload jurnal-jurnal berbayar.
  • Tidak ada salah nya bergabung dengan group-group FB yang saaling membantu mendownload journal article. 
Update per tanggal 16 Oktober 2017:

Baca juga: Cara mudah download jurnal berbayar secara gratis

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon