Monday, December 12, 2016

Teknik mengajar listening menggunakan Jigsaw #1

Mengajar listening menggunakan jigsaw sangat lah menyenangkan bagi pelajar. Teknik jigsaw ini bisa di terapkan di kelas yang jumlah siswa nya sangat ramai ataupun sedikit. Kali ini kita membahas teknik mengajar listening dengan menggunakan jigsaw di dalam kelas dengan level advance learners.

Sumber Foto: pixabay.com

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuat siswa mampu mendengar sebuah konsep saat mendengarkan perkuliahan dan juga mampu mengetahui kosakata-kosakata kunci yang dapat membantu nya untuk memahami perkuliahan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan adalah 2 audio berisikan perkuliahan dalam bahasa Inggris. Kemudian persiapkan juga transkrip dari kedua perkuliahan tersebut. Untuk bahan nya silakan klik disini.

Usahakan kedua topik dari perkuliahan tersebut haruslah sama, akan tetapi bukan berarti 100% sama pembicaranya atau subjek yang di bahas. Contoh audio 1 membahas tentang apa itu syntax di dalam ilmu linguistik, dan audio kedua membahas tetang apa itu morphology di dalam ilmu linguistik. Setelah itu, transcript dari kedua perkuliahan di kopi sebanyak kelompok yang ingin di bagi (boleh 5 atau 6 group). Potong-potong lah bagian-bagian dari transkrip tersebut hingga menjadi beberapa bagian. Lalu masukkan kedalam amplop amplop kosong. Agar lebih menantang, ambil lah 3 atau 4 potongan dari masing-masing audio, kopikan lebih dan masukkan kedalam masing-masing amplop.

Buatkanlah 5 atau 6 group, kemudian tiap group mendapatkan satu amplop yang bersisi transkrip. Putarkan audio nya sekali, dan disaat ini mereka belum menyusun transkrip nya. Kemudian mereka mendengarkannya lagi, dan kali ini mereka menyusun transkripnya sehingga mereka menyusunnya secara benar seperti yang mereka dengarkan.

Diakhir aktivitas ini, guru/dosen bisa menanyakan apa mereka paham dari perkuliahan tersebut. Yang kedua apa saja kosakata-kosakata yang membantu mereka memahami konteks dari perkuliahan tersebut.

Untuk follow up nya, guru/dosen boleh menunjuk satu atau beberapa siswa untuk maju ke depan kelas untuk sharing tentang kosakata kunci yang bermanfaat untuk membantu mereka memahami perkuliahan.

Sekian saja teknik jigsaw kali ini, kita akan sharing lagi teknik jigsaw lainnya di lain kesempatan. Semoga bermanfaat, share dan atau komen.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

2 comments

Pikirku jigsaw itu digunakan hanya untuk kayu ataupun bahan sejenisnya karena jigsaw itu gergaji, ternyata jigsaw juga sebuah teknik yah untuk mengajar listening.

Benar Om, memang itu sebenarnya gergaji, ^_^ cuma oleh para petinggi-petinggi dari dunia persilatan TESOL disini di gunakan istlah itu untuk membuat sejenis atau semacam puzzle baik itu lirik lagu, artikel atau bahan bacaan lainnya yang bisa nantinya di susun secara benar. ^_^


EmoticonEmoticon