Monday, December 5, 2016

Pronunciation the word Zoo as Luu

Alhamdulillah hari ini (17/04/14) adalah hari pertama saya mengajar di salah satu TK di Taoyuan, Taiwan. Kali ini tentang penglafalan kata Zoo (kebun binatang) menjadi Luu. Maklum, anak-anak Taiwan yang masih berumur 3 - 5 tahun sedang belajar bahasa Inggris. Saat saya bilang Zoo/zu/, mereka juga mengulangnya, tapi mereka bukan mengucapkannya zoo/zu/ tapi menjadi luuu. Gunar shock, karena Z dan L itu jauh sekali. Yang kita ketahui adalah orang-orang Taiwan kesulitan bilang huruf ‘r’. Saya ulang sekali lagi “Zoooo” /zu::u/, dan mereka tetap bilang “Luuuu”. -Gedubrak. Kalau bisa saya salto kebelakang.


Tidak menyerah, “Zoooooooo”, lebih panjang lagi saya menglafalkannya, 

dan sebagian tiba-tiba sudah mulai ada yang terbilang 'zuu’ dan masih ada juga 'luu’. Seru sekali mengajarkan mereka kata 'zoo’. Maka Gunar awali dengan “Zet” dan zh zh zh gitu. Minimal mereka sudah pernah dengar Zet. Dari situ saya dapat pelajaran bahwa kita tidak bisa memaksakan anak murid untuk bisa langsung saat itu. Butuh proses. Sabar adalah ikhtiar nya. Hasilnya akan menjadi kejutan bagi kita. Semoga bermanfaat, terutama bagi yang baru terjun di dunia persilatan pendidikan. 

Picture via pexel.com

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon