Monday, January 30, 2017

10 Proverbs Motivasi Dalam Bahasa Inggris

Apa itu proverbs?

Pernah dengar istilah pribahasa? Dalam setiap bahasa pasti memiliki pribahasa. Nah pribahasa dalam bahasa inggris disebut dengan istilah proverbs. Salah satu contoh pribahasa dalam bahasa Indonesia adalah "tong kosong nyaring bunyinya", maknanya adalah orang yang tidak memiliki ilmu banyak bicaranya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas 10 proverbs motivasi dalam bahasa Inggris agar kita termotivasi untuk mengubah diri kearah yang lebih baik. Tidak ada salah nya kita mengambil beberapa pelajaran penting dari pribahasa bahasa Inggris. Berikut 10 proverbs motivasi dalam bahasa Inggris.

1. Never put off till tomorrow what you can do today.

Artinya kurang lebih seperti ini "Jangan menunda apa yang bisa kamu lakukan hari ini sesuatu hingga esok hari". Banyak pengalaman bahwa menunda-menunda suatu pekerjaan hingga esok akan membuat seseorang itu menjadi malas untuk mengerjakan keesokan hari nya, dan ditambah lagi besok hari nya ada pekerjaan tambahan sehingga kita harus melakukan pekerjaan dua kali lipat. Ada baiknya kita melakukan apa yang bisa kita lakukan hari ini tanpa menundanya. Apakah kalian suka menunda sesuatu? why not do it now?

Sumber Photo: pexels.com

2. Failure is not misfortune.

Jika kita mengalami kegagalan, itu merupakan hal yang normal. Arti pribahasa diatas kurang lebih  adalah "Kegagalan bukanlah kemalangan". Setiap orang di dunia ini pasti pernah mengalami kegagalan. Namun perlu sikap positif dari kita dalam menyikapi kegagalan. Dari kegagalan kita telah menemukan sebuah jalan menuju kesuksesan. Banyak orang yang bilang bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

3. A little is better than none.

"Sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali" begitulah kira-kira artinya. Bersyukur dengan apa yang kita miliki merupakan sifat positif yang bagus. Terkadang kita jarang berfikir bahwa banyak orang di luar sana yang tidak memiliki kesehatan, makanan, uang, atau tempat berteduh seperti yang kita miliki saat ini. Ada diantara mereka masih di luar sana, mungkin tidur di bawah jembatan, atau di halte terminal dengan berselimutkan karung beras. Atau ada yang sama sekali belum makan apa-apa seharian. Dan masih banyak lagi hal-hal di luar sana yang kita tidak ketahui, dan harus kita ketahui agar kita bisa men-syukuri terhadap apa yang kita dapatkan hari ini dan esok hari walaupun sedikit.

4. A friend in need is a friend indeed.

Pribahasa ini sering di ucapkan oleh anak muda jaman sekarang. Teman sejati adalah teman yang ada di kala senang dan duka begitulah kira-kira artinya. Terkadang banyak teman yang hanya hadir saat kita senang, namun di saat kita di rundung masalah/kesedihan, ia nya menghilang entah kemana. Sebenarnya tidak sulit mencari teman sejati, yang hanya kita perlu terapkan adalah kita pun menjaga silaturrahmi dengan teman kita baik itu di kala ia senang maupun di kala ia menghadapi duka.

5. Practice makes perfect.

Berlatih membuat sempurna. Nah proverbs yang satu ini harus sering-sering kita ucapkan. Apa pasalnya harus di ucapkan setiap hari? Karena kita sedang belajar termasuk belajar bahasa Inggris, tidak jarang seseorang akan down (jadi teringat lagu don't let me down- down down down :D). Apalagi jika ada kawan yang meremehkan kita "untuk apa belajar bahasa Inggris? gak ada guna juga? (Sambil tertawa)" atau meremehkan kita "Eleeeh belajar bahasa Inggris, tinggal di gunung." So permasalahannya bukan kita tinggal digunung sehingga kita tidak bisa, atau juga karena kawan kita, kita berlatih setiap hari agar kita bisa. Itu saja, gak perlu banyak cing-cong, keep do it, yes do it. Udah kerjain PR nya? Udah belajar hari ini? go go go...

6. Kill two birds with one stone.

Membunuh 2 burung dengan satu batu. Memiliki 2 target atau impian, tapi sekali kerja untuk mendapatkannya. Terkadang kita memiliki dua impian dan disaat bersamaan kita berusaha untuk mendapatkan kedua impian tersebut dengan sekali usaha. Pernah?

7. United we stand, divided we fall.

Bersatu kita teguh, runtuh kita cerai lagi #eeH maksudnya bercerai kita runtuh. Pribahasa yang satu ini sering di ucapkan dalam sebuah kelompok yang ingin bersatu dan menyelesaikan suatu masalah. Jika kita menghadapi suatu masalah/pekerjaan dengan bersama-sama maka akan ringan. Sebaliknya jika kita menghadapi masalah/pekerjaan sendiri, maka kita akan mengalami kesulitan.


8. Where there is a will, there is a way.

Arti dari proverb ini adalah "dimana ada kemauan, disitu ada jalan". Saat kita belajar mata pelajaran apapun sering kita jumpai kesulitan. Kita memang harus mengetahui apa yang kita sukai dan di mata pelajaran apa kita yang lebih menonjol. Namun banyak sekali pelajaran-pelajaran yang kita tidak sukai dan kita tidak bisa, contoh mata pelajaran matematika. Banyak yang tidak menyukai matematika, namun bukan berarti kita berhenti itu belajar, karena matematikan sangat bermanfaat buat kehidupan kita. Persis seperti mata pelajaran matematika, bahasa Inggris pun banyak yang tidak menyukai nya. Terutama kalau di Aceh, banyak hambatan sana-sini. Tapi yang namanya orang sukse tidak akan pernah mengucapkan alasan ini itu, ia nya akan menemukan cara terbaik untuk menggapai sukses. Oleh karenanya Where there is a will, there is a way ini sangat cocok bagi kita yang malas-malasan dalam mempelajari bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Temukan cara mu sendiri dalam mempelajari bahasa Inggris.

                          Cara Fokus Belajar Bahasa Inggris di Era Digitalisasi

9. There is no rose without a thorn.

Tidak ada yang sempurna. semua orang pasti memiliki sisi negative. Namun yang harus kita sikapi disini adalah walaupun kita memiliki sisi negatif, maka perbaikilah ke arah yang lebih baik. Dan maaf kan lah diri sendiri atas kesalahan-kesalahan terdahulu, berilah penghargaan atas perbaikan-perbaikan yang kita lakukan agar kita bisa menghargai diri sendiri. Berjiwa besar-lah. Dalam mempelajari suatu bahasa asing, kita pun akan sering melakukan kesalahan, baik itu dari segi pengucapannya, penulisan nya, maupun sktuktur bahasanya. Walaupun demikian, ketahuilah bahwa setelah melewati banyak kesalahan yang telah kita lakukan, akan membawa kita kepada kesuksesan.


10. One is never too old to learn.

"Seseorang tidak akan pernah terlambat/terlalu tua dalam belajar" demikianlah kira-kira artinya. Banyak mahasiswa yang terlambat menyadari bahwa bahasa Inggris itu sangat penting. Aceh sendiri, ada beberapa universitas yang mewajibkan mahasiswa tingkat akhir untuk memiliki nilai TOEFL dengan standar nilai yang telah di tentukan. Banyak yang gagal setelah test TOEFL, bahkan ada yang sudah mengikuti test TOEFL lebih dari 10 kali (pengalaman anak murid). Sungguh, sebenarnya tidak ada kata terlambat dalam belajar. Yang ada cuma kemauan keras kita untuk bisa. Bangunkanlah sifat positif kita, jangan pernah bilang "tidak bisa" berkali-kali. Teruslah belajar.


Nah itu dia 10 proverbs motivasi dalam bahasa Inggris untuk kita semua. Semoga kita bisa mengambil banyak manfaat dari proverbs bahasa Inggris diatas. Sang kiranya ada manfaat, silakan di share, namun sang kiranya ada yang kurang silakan di komen. Thank you for reading.


Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

2 comments

Saya senang dengan yang nomor 3 mas. "A little is better than none".

Salam sukses..

iya Mas, terkadang kita harus ingat dan bersyukur terhadap apa yang kita miliki walaupun sedikit. Sukses juga buat Mas Rion. :)


EmoticonEmoticon