Sunday, January 8, 2017

4 Kesalahan-Kesalahan Penulisan CV Dalam Bahasa Inggris

Bagi kita anak-anak muda yang mau terjun kedunia pekerjaan, pastinya sudah mengenal apa itu CV. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae. Ini merupakan sebuah dokumen legal yang menunjukkan beberapa informasi penting terkait diri kita sendiri. Selain istilah CV, ada juga istilah lainnya, yaitu Resume. Baik CV maupun Resume sama-sama memiliki fungsi untuk memberikan biodata kita secara ringkas kepada perusahaan yang akan kita lamar.

Saat ini jika kita googling template CV atau Resume maka akan banyak sekali hasil pencariannya. Banyak yang bagus-bagus untuk kita tiru untuk membuat CV kita sendiri. Saya sendiri mendownload format CV yang disediakan oleh jobstreet.com dan saya edit sesuai dengan kebutuhan. Nah, dalam hal menulis CV ada baiknya kita memperhatikan beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat menulis CV. Dalam hal ini CV yang kita persiapkan menggunakan bahasa Inggris. Berikut 4 kesalahan-kesalahan penulisan CV dalam bahasa Inggris:


Sumber Photo: pexels.com


1. Spelling Mistake

Spelling mistake atau kesalahan dalam pengetikan atau juga sering disebut dengan istilah "typo". Contohnya seperti peletakan huruf "i" pada kata "receive". Contoh lain: correspondence , huruf "e" terketik huruf "a". Kelihatannya sepele, namun kita terlihat tidak detil dan juga kurang mampu mengedit bahkan tulisan sendiri. Tidak jarang orang-orang typo dan itu normal. Oleh karena nya kita harus membaca ulang dan memeriksa semua ejaan dan penulisannya sehingga CV kita tampak profesional. Sebagai tambahannya, dalam bahasa Inggris subject I (saya) di tulis kapital, bukan "i" kecil seperti ini baik itu di awal maupun akhir kalimat. Untuk membantu kita dalam pengetikan, saat ini MS Word memiliki feature spelling check / grammar check, jadi manfaatkanlah.

2. Keep it short
List job experience yang menurut kalian lebih mengarah ke pekerjaan yang sedang kalian lamar. Jangan menuliskan semua pengalaman atau hobi-hobi kalian sehingga membuat CV kalian sangat panjang. Jika ada penghargaan, sebutkan yang paling bergengsi dan atau yang sesuai dengan bilang yang di lamar. Jangan membuat daftar panjang penghargaan yang pernah kalian raih. Jadi Keep it short..

Namun jika memiliki satu atau dua pengalaman/hobi/ penghargaan, yaaa.. silakan di tulis saja semuanya di CV. Karena saat kita baru tamat kuliah, kita masih kurang sekali dengan pengalaman kerja. Nah salah satu solusinya adalah sering-sering ikut lomba di universitas-universitas, dan atau boleh juga bergabung dengan organisasi-organisasi di kampus. Sehingga kita mendapatkan banyak network sekaligus pengalaman bekerja di organisasi.

3. How many pages?
Sebisa mungkin untuk menuliskan CV  dalam satu halaman. Jika tidak memungkinkan, usahakan 2 halaman saja dan tidak sampai 3 halaman karena CV terlalu panjang juga tidak bagus. Gunakan template yang menarik namun simple agar menarik dan mudah untuk dibaca. Intinya 1 atau dua halaman saja.

4. Don't lie
Kelihatan nya banyak orang-orang yang suka menuliskan sesuatu yang tidak benar di CV mereka atau dengan kata lain berbohong. Suatu hari salah seorang mahasiswa saya menuliskan CV nya dengan hal-hal positif yang berlebihan, katanya "orang-orang biasanya suka berbohong di CV". Saya bingung darimana asal pola pikir seperti itu. Perlu diketahui CV adalah salah satu dokumen legal (sah), jika pihak perusahaan mengetahui bahwa kalian berbohong melalui CV kalian, maka kosekuensi nya adalah di pecat. Lebih baik jujur. Maka daripada itu ada baiknya kalian fokus kepada skill-skill dan hal-hal positif lainnya yang kalian miliki untuk dituliskan di dalam CV kalian. Sehingga sewaktu di undang untuk interview, kita tahu benar apa yang kita tulis dan kita jelaskan kepada pihak perusahaan.


Nah itu dia 4 kesalahan-kesalahan penulisan CV dalam bahasa Inggris. Untuk menghindari atau meminimalisir kesalahan, saya berikan satu solusi, yaitu :

Proofread

Proofread akan membantu kita dalam meminimalisisr kesalahan-kesalah fatal pada penulisan CV dalam bahasa Inggris. Kita bisa meminta bantuan dari teman, guru, atau abang/kakak-kakak senior di kampus untuk membaca dan memeriksa CV kita.

Sekian saja artikel mengenai kesalahan-kesalahan penulisan CV dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan sukses buat kalian yang sedang melamar pekerjaan. Share tulisan ini kepada teman-teman, siapa tahu mereka membutuhkan info penting ini.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

2 comments

Artikel yang sangat indahh mas:) membantu banget:D jangan lupa kunjungan balik mas:)

:D indah seperti puisi ya mbak. Terima kasih atas kunjungannya. Sip tentu akan saling kunjung. ^_^


EmoticonEmoticon