Monday, January 9, 2017

7 Kosakata untuk istilah perayaan

Secara sejarah, banyak kosakata bahasa Inggris yang berasal dari berbagai bahasa lainnya seperti bahasa Latin, bahasa Perancis, bahasa Yunani dan bahasa lainnya. Sehingga banyak kosakata yang berasal dari bahasa lain di adopsi oleh bahasa Inggris.

Sumber Photo: pexels.com
Di dalam bahasa Indonesia sendiri pun sudah banyak mengadopsi kosakata bahasa Inggris, contoh saja kata "stop". Saya pribadi belum pernah mendengar tukang parkir berteriak "BERHENTI" saat dia mengatur sebuah mobil yang mau parkir. Yang sering kita dengan adalah "SETOOOOP" ^_^ alias "stop". Seperti layaknya bahasa Indonesia, teknik meng-adopsi bahasa lain pun dimiliki oleh bahasa Inggris. Nah untuk artikel kali ini kita akan membahas 7 kosakata untuk istilah perayaan yang telah di adopsi ke dalam bahasa Inggris. Ide penulisan artikel ini berasal dari dictionary.com. Berikut ke tujuh kosakatanya:

1. Fete [baca: feyt]
Kata fete berasal dari bahasa Perancis yang artinya pesta. Biasanya pesta yang disertai dengan acara makan-makan. Di dalam bahasa Spanyol dikenal dengan istilah "fiesta". Nah menurut dictionary.com bahwa istilah perayaan ini sering diadakan berbarengan dengan acara-acara keagamaan namun tidak selalu.

2. Shindig [baca: shin dig]
Istilah ini digunakan untuk acara pesta besar yang di barengi dengan menari-nari.

3. Salon [baca: suh lon]
Istilah yang satu ini digunakan oleh para pemikir, musisi, artis dan philosopher di zaman dulu untuk sebuah pesta atau berkumpul. Mereka berkumpul di sore atau malam hari, dan bercakap-cakap tentang sesuatu yang sang kiranya bermanfaat atau sesuatu yang berbau intelektual.

4. Wing-ding [baca: wing ding]
Istilah ini berasal dari sayap burung yang di kibas kan. Istilah ini juga bermakna "pesta". Wild pasrty atau pesta liar adalah sebutan lain untuk Wing-ding.

5. Clambake [baca: klam-beyk]
Pada tahun 1830 an orang-orang di Inggris mulai menggunakan istilah ini. Istilah ini di gunakan untuk pesta di luar (out door) dengan suasana yang tenang. Memasak di luar dan makan bersama merupakan bentuk pestanya. Dan untuk selanjutnya istilah ini pun lebih di kenal dengan kata "picnic".

Sumber Photo: pexels.com
6. Prom
Orang-orang Amerika juga menyebutnya dengan pesta Prom. Saya pribadi justru mendengar istilah ini untuk pertama sekali dari film India. Tidak tahu persis kenapa istilah ini juga di gunakan di India, bisa jadi karena sejarah panjang dulu. Prom adalah sebuah pesta dansa pada akhir sekolah SMA. Istilah ini pertama sekali di gunakan pada tahun 1800 an di Inggris. Istilah Prom adalah singkatan dari promenade (bahasa Perancis), yang bermakna "berjalan santai".

7. Soiree
Soiree adalah sebuah perayaan atau pesta pada malam hari. Kata Soiree berasal dari bahasa latin yaitu serus, yang bermakna "terlambat". Awal mula masuknya istilah ini ke Inggris adalah melalui bahasa Perancis, soir yang bermakna "malam".

Sekian artikel 7 kosakata untuk istilah perayaan. Semoga bermanfaat.


Sumber: Dictionary.com

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon