Thursday, January 5, 2017

Apa Itu Kalimat Comparative dan Superlative

Artikel kali ini kita akan membahas apa itu kalimat comparative dan kalimat superlative. Comparative adalah jenis kalimat yang membandingkan dua benda/subjek. Sedangkan Superlative adalah jenis kalimat yang membandingkan satu benda/subjek dengan benda/subjek (yang banyak) lainnya. Misal, pada kalimat comparative yang kita bandingkan adalah si Ani dan si Ana. Lalu pada kalimat superlative membandingkan antara si Ani dan si Ana, si Adinda, dan si Ariel.

  • Comparative (1 vs 1)
  • Superlative  (1 vs dengan banyak benda/subjek-lebih dari satu)

Sumber Photo: Pexels.com 

Apa yang kita bandingkan pada kalimar comparative dan kalimat superlative? Yang kita bandingkan adalah kata sifatnya. KATA SIFAT nya, juga dikenal dengan sebutan ADJECTIVE. Mari kita lihat terlebih dahulu contoh-contohnya pada tiap-tiap jenis kalimatnya.

(1) Comparative
Saat kita membandingkan menggunakan comparative, maka pada kata sifatnya harus ditambah -er, contoh cheap (murah) menjadi cheaper (lebih murah). Berikut contoh lainnya:
  • Tall = Taller
  • Long = Longer
  • Safe = Safer
Apakah semua kata sifat cuma perlu ditambahkan -er? untuk menjawab pertanyaan itu ada baiknya bagi kita pemula, tuliskan terlebih dahulu semua kata-kata sifat. Kemudian nanti akan kita pilah berdasarkan tabel di bawah ini:

Jenis Comparative
Aturan pengejaan
Contoh
Kata sifat yang memiliki satu silabel (syllable)
… +-er
…+-r (jika kata sifat berakhiran dengan huruf –e)
Longer
Safer
Satu silabel, ada huruf vocal (hidup) sebelum huruf terakhir.
Gandakan huruf konsonan terakhir + er
bigger
Kata sifat yang memiliki dua silabel.
More + kata sifat (adjective)
More careful
Dua silabel dan berakhiran dengan huruf –y
y  + -ier
easier
Tiga silabel atau lebih
More + adjective
More dangerous
More interesting
Kata sifat yang tidak beraturan
Good
Bad
Far
Better
Worse
Further

Nah diatas adalah beberapa peraturan terhadap penambahan -er setelah kata sifat. Untuk informasi bahwa silabel adalah bunyi dari sebuah kata. Misalnya kita ambil contoh kata long, jika kita baca kata tersebut maka dia hanya sekali baca saja, betul tidak? jika sekali baca maka itu sebut satu silabel. Contoh lainnya clever, jika kita baca kata tersebut maka dia akan memiliki dua bunyi, yaitu cle- dan -ver. Maka kata tersebut memiliki dua silabel. Kata sifat yang memiliki dua silabel atau lebih dalam kalimat comparative tidak perlu di tambahkan -er, hanya perlu ditambahkan kata more diawal kata sifatnya. Contoh: dangerous (berbahaya) jika di comparative-kan menjadi more dangerous

2. Superlative
Pada kalimat superlative seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa kita membandingkan antara satu benda/subjek dengan benda/subjek yang lebih dari satu atau group/kelompok. Misalnya kita membandingkan si Ani dengan teman-teman sekelasnya atau kita membandingkan antara pak lurah kota A dengan pak lurah diseluruh provinsi Aceh. Yang menjadi hal perbandingannya tetap kata sifat (adjective). Contoh big menjadi the biggest. Berikut contoh lainnya:
  • Tall = The tallest
  • Long = The longest
  • Safe = The safest
Jika silabel pada kata sifatnya lebih dari satu, maka di tambah kata The most pada awal kata sifat, misalnya kata interesting menjadi the most interesting. Untuk peraturan penambahan est dan most perhatikan tabel di bawah ini:


Superlatives
Aturan pengejaan
Contoh
Kata sifat yang memiliki satu silabel (syllable)
..+-est
..+ -st
The longest
The safest
Satu silabel, ada huruf vocal (hidup) sebelum huruf terakhir.
Gandakan huruf konsonan terakhir + -est
The biggest
Kata sifat yang memiliki dua silabel.
Most + kata sifat (adjective)
The most careful
Dua silabel dan berakhiran dengan huruf –y
y  + -iest
The easiest
Tiga silabel atau lebih
Most  + kata sifat (adjective)
The most dangerous
The most interesting
Kata sifat yang tidak beraturan
Good
Bad
Far
The best
The worst
The furthest

Sekian artikel kali ini mengenai apa itu kalimat comparative dan kalimat superlative. Semoga tulisan dan ilmu yang sedikit ini memberi manfaat banyak bagi kalian yang sedang belajar tentang apa itu kalimat comparative dan kalimat superlative. 

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

4 comments

artiikel nya menarik. ini yang kaya gini ini yang banyak dan perlu dipelajari sam orang-orang. mantap
http://www.kangalip.com/

Terima kasih mas Adi atas Kunjungannya ^_^. Iya semoga bermanfaat bagi orang ramai.


EmoticonEmoticon