Saturday, January 14, 2017

Apa itu Verb: Mengenal dan Belajar Verb.

Verb adalah kata kerja di dalam bahasa Inggris. Banyak diantara kita penutur bahasa Indonesia belum mengetahui apa itu kata kerja. Mungkin dulu pelajaran bahasa Indonesia kita suka meremehkan, nah imbasnya adalah sekarang, kita kebingungan apa itu kata kerja.


Kata kerja pada hakikat nya pasti dimiliki oleh semua bahasa di dunia. Beberapa contoh kata kerja seperti makan, minum, tidur, berbicara, mendengar, mencintai sering kita gunakan dalam sehari-hari. Karena seringnya kita mengucapkannya, kita lupa bahwa itu kata kerja. Jadi sebagai pemula di dunia persilatan bahasa Inggris, ada baiknya kita baik-baik memperhatikan si kata kerja atau dengan sebutan lain adalah Verb.

Verb adalah sebuah kesatria atau sebuah pahlawan atau apalah sebutan yang ngeri buatnya, yang penting dalam bahasa Inggris itu Verb sangat berpengaruh dan memiliki andil dalam dunia persilatan bahasa Inggris ^_^. Kenapa kita harus bersikeras memperhatikan si Verb ini? Karena dia nya suka macam-macam (emangnya preman :D, ok focus). Maksudnya seperti ini, si-Verb itu suka berubah-berubah dikala waktunya berganti-ganti, ganti musim, ganti pula berubah pula verbnya. Nah jurus “berubah-ubah” ini tidak dimiliki oleh bahasa Indonesia. Oleh karenanya sebagai pemula kita kewalahan mempelajari si-Verb ini. Tapi don’t worry, kita harus keep spirit, semangat belajar.

Sumber Photo: pexels.com
Dalam sebuah kalimat pasti akan memiliki sekurang-kurangnya satu Verb. Verb atau kata kerja identik dengan suatu kegiatan yang memiliki aksi nyatanya, seperti menendang, lari, berkelahi, bekerja (kick, run, fight, work: dalam bahasa Inggris), semuanya membutuhkan subuah aksi. Akan tetapi ada satu jenis Verb lagi yaitu kata kerja yang menunjukkan sebuah keberadaan, ketentuan, menjadi (state). Contohnya kata kerja seperti be (to be: are, is, dan am), exist (ada), seem (tampak), dan belong (milik).

Sebuah kata kerja selalu membutuhkan sebuah subjek. Contohnya, dalam kalimat Ani makan batu, maka subjeknya adalah Ani dan kata kerjanya adalah makan. Jika di jabarkan maka subjek adalah si pelaku atau orang yang melakukan pekerjaan, sementara kata kerja/verb adalah menjelaskan apa yang dilakukan oleh si pelaku/subjek.

Selanjutnya mari kita lihat contoh di bawah ini:
  • Action : Yahwa eats banana.
  • State : Yahwa seems handsome. 
Kita tahu bahwa eats adalah makan, sehingga kata kerja itu ada aksi nya yaitu proses makan. Sementara itu Seems adalah tampaknya, sekilas bukan seperti kata kerja, namun dalam bahasa Inggris kata ini di golongkan kedalam kata kerja. Contoh lainnya adalah to be (is am are). Misalkan dalam contoh He is a boyband, dalam kalimat ini is adalah kata kerja atau juga lebih dikenal dengan sebutan auxiliary verb.

Nah seperti yang kita sudah bahas diawal sekali bahwa kata kerja/verb suka berubah-ubah tergantung kepada kebutuhan kalimat dan juga konteks waktunya. Mari kita lihat perubahan-perubahan kata kerja dibawah ini:
  • to work, work, works, worked, working.
  • to kick, kick, kicks, kicked, kicking.
  • to eat, eat, eats, ate, eating.
  • to sleep, sleep, sleeps, slept, sleeping.
  • to cut, cut, cuts, cut, cutting.
Sekian saja artikel kita kali ini mengenai apa itu verb. Kita sudah mengenal dan belajar sedikit tentang verb dalam bahasa Inggris. Semoga dengan bekal pengetahuan ini teman-teman sekalian mengerti dan semangat belajar bahasa Inggris. Sedikit tips untuk bisa mengingat Verbs dalam bahasa Inggris adalah dengan cara sering-sering membaca cerita pendek dalam bahasa Inggris. Sekaligus melihat-lihat arti kata kerja dengan menggunakan kamus baik hardcopy maupun online/offline. Karena tidak ada jalan pintas kita bisa mengingat semua kata kerja bahasa Inggris, harus sering-sering baca. Saya sudah berikan tips-nya yaitu sering-sering baca (walaupun salah baca, itu proses menuju bisa dan normal). Sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat. 

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon