Wednesday, January 18, 2017

Cara Menulis Abstract dalam Bahasa Inggris

Research article atau artikel penelitian merupakan suatu wadah tersendiri bagi para akademisi dalam mentransferkan pengetahuan serta hasil penelitian ke khalayak ramai. Dengan begitu ilmu dan hasil penelitian tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat bumi untuk perkembangan di berbagai bidang baik itu kedokteran, ekonomi, budaya, sosial, politik, dan dunia pendidikan.

Di dalam artikel sendiri terdapat beberapa bagian. Bagian-bagian vital dalam sebuah artikel penelitian adalah sebagai berikut:
  • Introduction
  • Literature Review
  • Methodology
  • Result (and Discussion)
Dalam format penelitian yang menggunakan bahasa Inggris, ke-4 elemen tersebut sangatlah penting. Namun setelah menyelesaikan penulisan artikel penelitian kita apakah ada elemen lain yang harus kita tulis? Ada, yaitu Abstract.

Abstract merupakan salah satu elemen yang sangat unik. Kenapa dibilang unik? karena hanya dengan Abstract sendiri terkadang sudah cukup untuk meng-komunikasikan hasil penelitian kita keseluruh dunia (via online jurnal). Menurut Dos Santos (1996) bahwa abstract adalah kumpulan singkat dari Introduction, Literature Review, Methodology, dan Result (ILMR) yang kemudian di "kapsul-kan" kedalam satu kapsul obat, dimana butir-butir obat tersebut adalah ILMR. Selanjutnya Dos Santos (1996) memberikan analogi yang lain, abstract itu seperti sebuah miniature dari bangunan asli. Hanya dengan melihat miniature kita dapat melihat keseluruhan bangunan walaupun tidak men-detail. Begitupula hal nya abstract, dengan membaca abstract dari sebuah penelitian kita mengetahui hal-hal yang paling mendasar dari penelitian tersebut. Selanjutnya jika tertarik, maka kita bisa membaca penelitian tersebut secara keseluruhan. Singkat cerita abstract can save our time in reading journal article

Sumber Photo: pexels.com
Nah pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menulis abstract dalam bahasa Inggris. Sekarang satu pertanyaan yang muncul yaitu Kenapa belajar menulis abstract dalam bahasa Inggris? Hal ini disebabkan karena pengalaman pribadi saat menulis abstract pertama sekali di tahun 2010. Kami masuk kuliah tepat tahun 2005, kebanyakan orang-orang menyebutkan kami adalah generasi tsunami. Banyak guru dan dosen yang meninggal, sehingga kami kebanyakan mencari ilmu sendiri. Karena tidak pernah dapat ilmu bagaimana menulis abstract saat kuliah, kami hanya mencontoh dari skripsi abang-abang dan kakak-kakak letting. So that'w how we survive :D. Pengalaman lainnya BAHKAN sekarang tahun 2016, satu dekade sudah, masih banyak mahasiswa (saya) yang tanya bagaimana menulis abstract. Hal itu membuktikan bahwa kebanyakan mahasiswa tidak mendapat pengetahuan tentang bagaimana cara menulis abstract. So, this is why I wrote this. Berikut kita lihat 5 moves yang ditemukan oleh Dos Santos.

Format abstract oleh Dos Santos (1996, p.485)

Untuk mempermudah kita dan dengan tujuan belajar menulis abstract, format diatas kita sederhana kan. Berikut fromatnya:
  • Situating the research
  • Presenting the research
  • Describing the methodology
  • Summarizing the results
  • Discussion the research 
CARA MENULIS ABSTRACT DALAM BAHASA INGGRIS:

Dari format yang sudah kita sederhanakan diatas, sekarang mari kita bahas satu per satu point-pointnya. Perlu diketahui bahwa saat menulis abstract, kita hanya memiliki beberapa jumlah kata. Biasanya sekitaran 250 kata saja. Namun untuk penulisan skripsi, biasanya selembar. Oleh karenanya kita buat abstract kita jadi lebih ringkas dengan cara mengikuti format diatas.

1. Situating the research
Pada kalimat pertama dari abstract yang kita akan tulis, ada baiknya kita menulis sedikit tentang topik penelitian kita atau kita juga bisa menuliskan permasalahan yang kita angkat di penelitian kita. Cukup satu, dua kalimat saja.

2. Presenting the research
Pada kalimat selanjutnya, kita bisa menuliskan dua hal untuk mem-presentasikan penelitian kita. Yang pertama kita bisa menuliskan tentang tujuan utama dari penelitian kita. Biasanya di tandai dengan frasa "The aim of this study is  ..." atau "The study aims to ... ". Selanjutnya untuk yang kedua, kita bisa menuliskan tentang hipotesa-hipotesa dari penelitian kita.

3. Describing the methodology
Selanjutnya kita bisa menuliskan tentang methodology apa yang kita gunakan dalam penelitian kita. Saya rasa ini bagian termudah nya dalam penulisan abstract. 

4. Summarizing the result
Kalimat selanjutnya kita bisa menuliskan summary dari hasil penelitian kita. Apa-apa saja hasil dari penelitian kita. Usahakan kita bisa menuliskan hasilnya dalam beberapa kalimat saja. Karena apa? karena jika si pembaca abstract ingin mengetahui lebih detail tentang hasilnya, mereka bisa membaca keseluruhan dari artikel penelitian kita. Ini merupakan satu strategi juga dalam dunia persilatan penelitian. Beberapa frasa yang sering digunakan disini adalah: "The study reveals that ..."  atau "The result of this study is ...".

5. Discussion the research
Untuk mengakhiri tulisan abstract kita, kita bisa menuliskan tentang manfaat dari penelitian kita terhadap ilu pengetahuan. Atau mendiskusi-kan hasil penelitian kita agar tampak penelitian kita bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Hasil penelitian pun bisa dikoneksikan antara hasil penelitian kita dengan manfaatnya di dunia pendidikan, ekonomi, teknologi, politik, budaya, atau sosial, yang terpenting sesuai dengan bidang keilmuan yang sedang kita kaji. 


Lima step/langkah penulisan abstract di atas mengikuti format yang sudah ditemukan oleh Dos Santos (1996). Semoga bermanfaat menuntun teman-teman dalam menulis abstract dari penelitiannya. Silakan share karena siapa tahu ada teman-teman kita lainnya yang membutuhkan info ini. Sekian artikel kita kali ini mengenai cara menulis abstract dalam bahasa Inggris.


Referensi:

Dos Santos, M. B. (1996) The textual organization of research paper abstracts in applied linguistics. Text 16 (4). p. 481-499.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

2 comments


EmoticonEmoticon