Thursday, January 12, 2017

Cara Menulis Definisi Pada Skripsi/Thesis/Disertasi

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, kita di wajibkan untuk menulis sebuah penelitian. Nah penelitian ini biasa di sebut dengan skripsi, atau Thesis untuk S2 dan Disertasi untuk S3. Oleh karenanya tulisan kali ini yang berjudul cara menulis definisi pada skripsi/thesis/disertasi bertujuan untuk membantu teman-teman sekalian untuk menulis definisi.

Dalam penulisan formal dan akademik sangat lah penting kita menuliskan sebuah paragraph yang memberikan definisi terhadap istilah-istilah yang kita pakai dalam penelitian kita. Paragraph definisi berfungsi untuk menjelaskan apa makna dari sebuah istilah atau juga menjelaskan bagaimana kita menggunakan istilah-istilah yang kita pakai dalam penelitian, dengan kata lain mendefiniskan istilah berdasarkan konteks penelitian kita.

Menurut Arnaudet & Barrett (1990) ada dua jenis definisi, yang pertama adalah formal definition dan yang kedua adalah stipulated definition. Formal definition adalah definisi yang kita dapatkan dari kamus dan sementara itu stipulated definition menjelaskan bagaimana seorang penulis menggunakan istilah tersebut dalam konteks tertentu.

Sumber Photo: pexels.com

Formal Definition
Definisi bentuk formal bisa kita lihat pada sebuah kamus. Dalam konteks kita sekarang maka kita menggunakan kamus baik online/offline maupun hard copy. Untuk kamus online saya merekomendasikan dictionary.com. Selain kamus, dictionary.com memiliki thesaurus yang membantu kita dalam penulisan akademik. Mari kita lihat satu contoh di bawah ini:

A sundial is "an instrument that indicates the time of day by means of the position, on a graduated plate or surface, of the shadow of the gnomon as is cast by the sun" (Dictionary.com).

Dari contoh diatas kita bisa melihat bahwa ada 3 elemen penting. Elemen pertama yaitu Term, kedua adalah Class, dan yang ketiga adalah Distinguishing Features nya.

Term: Sundial
Class: Instrument
Distinguishing Features: (1) Indicates the time, (2) on a graduated plate or suface, (3) the shadow of the gnomon as is cast by the sun.

Oleh karenanya difinisi diatas membedakan antara mechanical time telling dengan non mechanical.
Yang harus di perhatikan saat menulis definisi tipe ini harus menyertakan sumber dan juga tanda kutip agar pembaca tahu bahwa definisi itu benar-benar kita kutip seluruh nya dari sumber aslinya.


Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon