Sunday, January 29, 2017

Aktivitas Sederhana Untuk Review di Kelas Bahasa Inggris

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sebuah kegiatan yang bisa di terapkan di kelas bahasa Inggris. Beberapa artikel sebelumnya mengenai teaching technique juga sudah kita bahas tentang bermain game di kelas bahasa Inggris. Kali ini mirip seperti game, tapi berbeda, semacam yes tapi bukan :D

Kegiatan ini lebih bersifat kepada me-review pelajaran yang sudah kita ajarkan. Silakan namakan apa saja kegiatan ini. Langsung saja.

Pertama ajak anak murid kita untuk berdiri semuanya, boleh melingkar. Lalu suruh mereka untuk menghitung mulai dari one sampai berapa jumlah mereka. Sehingga masing-masing mereka akan memiliki satu angka yang berbeda dan mereka harus ingat angka tersebut.

Kedua kita memberikan satu kalimat, baik yang ada di buku pelajaran maupun dikarang sendiri (berkenaan dengan topik yang di ajarkan). Misalnya "I bought seven dragons yesterday". Lalu siswa/mahasiswa nomor 7 harus membuat kalimat baru yang sama sekali tidak berhubungan dengan kalimat sebelumnya. Misalnya ia membuat kalimat "I woke up at 4 o'clock this morning". Kemudian mahasiswa/siswa nomor 4 harus membuat kalimat baru juga. Dan begitu seterus nya sampai semua mendapat giliran untuk memberikan kalimat.

Sumber Photo: pexels.com
Usahakan kalimat yang di buat oleh siswa/mahasiswa berkenaan dengan topik pembelajaran. Misalnya pada hari ini kita membahas tentang present tense, maka kalimat yang di buat oleh siswa/mahasiswa berbentuk present tense pula.

Harus dipahami bahwa tiap kalimat harus memiliki satu angka saja, baik itu berupa tanggal, jumlah hari, jam, menit, bulan, dan bentuk-bentuk angka lainnya. Hindari penggunaan angka dua kali agar tidak membuat bingung siapa yang akan menyambung kalimatnya nanti. Aktivitas sederhana ini dapat membantu kita untuk review topik-topik seperti present tense, past tense, perfect tense, present continuous, dan modal. Bisa juga dengan topik-topik lainnya, yang intinya bisa di kreasikan sesuai dengan selera. ^_^

Aktivitas ini seru jika di implementasikan di kelas yang muridnya memiliki kemampuan bahasa Inggris intermediate level. Karena level intermediate, rata-rata siswa nya sudah bisa merangkai kalimat walaupun sederhana. Namun bukan berarti aktivitas ini tidak bisa diterapkan di kelas basic. Kita bisa menerapkannya juga di kelas basic akan tetapi harus disesuaikan dengan materi nya. Jika present tense, mungkin cocok untuk pemula.

Itulah aktivitas sederhana untuk review di kelas bahasa Inggris. Memang tampak hampa, tapi jika murid bisa menciptakan kalimat-kalimat yang unik dan lucu maka akan membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menarik. Sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk di terapkan di kelas yang kita ngajar. Tetap semangat mengajar bahasa Inggris, share dan komen untuk saran atau masukan. Thank you for reading ^_^.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon