Tuesday, January 31, 2017

Cara Mengajar Alphabet Bahasa Inggris Menyenangkan

Mengajar alphabet merupakan hal pertama yang diajarkan kepada anak murid, baik bahasa ibu kita maupun bahasa Asing. Cara yang paling mudah adalah dengan cara menghafal satu per satu huruf alphabet, dimulai dari A hingga Z. Setiap guru bahasa Inggris pasti memiliki cara sendiri untuk mengajarkan huruf alphabet ke anak muridnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengajar alphabet bahasa Inggris menyenangkan.

1. Menggunakan Nyanyian.

Kebanyakan guru pasti masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan nyanyian. Dimulai dari E, Bi, Si, Di, hingga Zet. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya video yang tersedia di You Tube.

2. Menggunakan Papan Tulis/White Board.

Pertama-tama yang harus kita persiapkan adalah menuliskan semua huruf alphabet mulai dari A hingga Z secara acak maupun beraturan dan dengan jarak berkisar 10 cm dari tiap huruf nya. Setelah selesai menuliskannya, ajak murid-murid untuk mengulang tiap-tiap huruf yang kita bacakan. Sambil dibacakan, tunjuk tiap-tiap huruf nya dengan menggunakan spidol atau kapur atau rol. Setelah mengulang membacanya bersama-sama anak murid sampai mungkin 3 kali, dan merasa mereka sudah bisa, mari kita ketahap selanjutnya. Tahap selanjutnya agar mengajar alphabet lebih menyenangkan, pastikan mereka paham benar bunyi huruf A, E, I, H, G, J, W, dan Y karena huruf-huruf ini sulit bagi pemula. Setelah mereka yakin bisa, saat nya memodifikasi kegiatan belajarnya.

Sumber Photo: pexels.com
Pertama tunjuk satu huruf mana saja dan pinta anak murid untuk membacanya. Lalu, tunjuk satu huruf lainnya secara acak dan tangan kita satunya lagi segera menghapus huruf yang barusan mereka ucapkan. Contoh, pertama kita menunjuk huruf A, mereke membacanya, lalu kita menunjuk huru P, lalu di saat bersamaan dengan anak murid membaca huruf P kita langsung menghapus huruf A. Kemudian kembali lagi ke huruf A yang barusan kita hapus, mereka juga tetap harus membaca huruf A. Kemudian kita berpindah ke huruf lain nya, dan hapus huruf P, dan begitu terus hingga mereka benar-benar tau posisi tiap-tiap huruf walaupun sudha kita hapus. Lalukan agak sedikit cepat agar menarik. Tentunya akan mengundang tawa dan sangat mengasyikkan. Kegiatan ini sangat saya rekomendasikan untuk diterapkan, bahkan bagi mereka yang sudah level advance sekalipun pasti akan kewalahan.

3. Menggunakan Kartu.

Sebelum bermain alphabet ini, ada baiknya pastikan anak murid sudah mengetahui semua lafal dari huruf-huruf alphabet. Baik sekarang kita mulai menjelaskan, buat lah kartu alphabet sendiri atau mungkin bisa beli di toko buku. Kartu yang saya maksud disini adalah kartu sejenis kartu UNO, dimana setiap kartu akan memiliki satu huruf alphabet dari A hingga Z. Kemudian persiapkan satu meja besar (meja guru juga boleh) dan letakkan di tengah kelas atau di depan kelas pun OK. Lalu ajak semua anak murid yang ada untuk berdiri melingkar disamping meja. Nah setelah persiapan ini komplit, barulah kita bisa memulai nya.

Pertama, guru memberikan satu huruf kepada anak murid di sebelah kanan nya (murid A) dengan cara mengucapkan huruf nya besar-besar dan ia menutup kartu tersebut diatas meja tepat di depan anak murid sebelah kanan. Lalu anak murid di sebelah kanan mengambil kartu yang tertutup di depannya dan mengucapkannya besar-besar pula dan menutupkan lagi kartu tersebut di meja  tepat depan temannya (murid B) di sebelah kanan.

Nah saat anak murid A tadi mengambil kartu yang kita beri, kita pun sebagai guru harus mengambil kartu lainnya dan mengucapkan huruf yang ada, sehingga guru dan anak murid A akan mengucapkan satu huruf alphabet yang berbeda secara serentak. Disaat murid B mengambil kartunya dan mengucapkannya, guru dan murid A juga serentak mengucapkan huruf alphabet yang baru. Dan begitu seterusnya hingga kartu yang berada di tangan guru akan habis dan berada di masing-masing anak murid dan terus melingkar hingga suara menjadi sangat ribut. Ingat, kegiatan ini melatih anak murid untuk tetap fokus kepada huruf yang ia dapatkan bukan yang ia dengan dari kiri maupun kanannya.

4. Membaca secara terbalik.

Hampir mirip dengan cara pada no. 2 diatas, namun kali ini kita tidak menghapus huruf-huruf nya. Namun kita harus menuliskan alphabet nya secara berurutan. Kemudian sambil menunjuk ke huruf Z, ajak murid untuk mengucapkan nya bersama-sama hingga huruf A. Jadi kita menglafalkan huruf-huruf alphabet tersebut dimulai dari Z, Y, X hingga huruf A. Susah bukan? Silakan di praktek kan.

5. Menglafalkan alphabet pada sebuah kata.

Cara yang satu ini menurut saya sangat efektif untuk latihan, baik itu untuk level basic maupun intermediate. Misalnya kita menuliskan kata PYRAMIDS di papan tulis, lalu kita meminta anak murid untuk menglafalkan huruf-huruf pada kata pyramids tersebut. Dan ini bisa di pakai untuk spelling name juga. Misalnya ada seseorang yang bernama CUT PUTRI INTAN SHANTI APRILITA, nah ia nya pasti nyerah untuk menglafalkan huruf-huruf dari namanya ^_^. Tapi anyway, semua anak murid bisa menglafalkan semua huruf-huruf pada nama mereka. Sehingga kita pun bisa mengevaluasi sejauh mana kemampuan spelling alphabet anak murid kita.

Nah itu dia ke-5 cara mengajar alphabet bahasa Inggris menyenangkan. Semoga memberi inspirasi agar pembelajaran alphabet lebih menyenangkan. Sekian, semoga bermanfaat.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

2 comments


EmoticonEmoticon