Sunday, January 22, 2017

Mengajar Vocabulary Dengan Menggunakan Game

Mengajar vocabulary bahasa Inggris adalah salah satu hal yang penting. Namun ketahuilah bahwa jika pola mengajar kita hanya dengan mencatat kosakata di papan tulis, lalu murid ikutan mencatat bersamaan dengan artinnya dan tidak ada variasi yang lain dalam mengajar kosakata, maka anak murid akan cepat sekali bosan. Nah bagi kita-kita ini guru horor atau dosen horor (^_^) bahasa Inggris perlumemperkaya diri dengan berbagai metode mengajar. Salah satu nya menggunakan game.

Ada beberapa manfaat mengajar vocabulary dengan menggunakan game. Manfaat ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman baik sebagai murid maupun sebagai tenaga pengajar. Manfaat nya yaitu:

  • Anak murid cepat mengingat  kosakata yang baru mereka pelajari.
  • Anak murid lebih sering melihat kamus. 
  • Anak murid akan belajar menuliskan kosakata bahasa Inggris.
  • Anak murid akan merindukan kelas kita selanjutnya (True :D). Kalau tidak ada game, mereka akan berang, bisa demo satu kelas. ^_^
Nah itu dia beberapa manfaat mengajar vocabulary dengan menggunakan game. Oleh karenanya pada artikel kali ini kita akan membahas satu game yang saya sendiri tidak tahu apa nama game nya :D. Terserah nantinya mau dikasih nama game apa. Yang terpenting adalah tujuan dari game ini sebagai bahan review anak murid dan juga mempelajari kosakata baru. Maksud dari review adalah anak murid akan mencoba mengingat beberapa kata yang pernah ia pelajari sebelumnya. Baiklah jangan terlalu panjang mukaddimah nya, mari kita langsung saja dengan game nya.

Sumber Foto: pexels.com
Pertama-tama yang harus di persiapkan adalah bentuk beberapa group yang terdiri dari 3 atau 5 orang anak murid per-group. Cara membagi group bisa dilakukan dengan menghitung satu sampai 5 atau 6, lalu ulangi lagi satu sampai 5 atau 6 dan tiap-tiap murid harus mengingat nomor masing-masing. Lalu yang  nomor satu berkumpul di satu sudut kelas, yang nomor dua pun di satukan, dan seterusnya. 

Kemudian tuliskan sebuah kata di papan tulis. Misal nya "PYRAMID", dan suruh anak murid untuk membentuk 3 kata bahasa Inggris menggunakan huruf-huruf PYRAMID tadi. Dari huruf-huruf tersebut kita bisa membentuk MAD, RAY, PAY. dan seterusnya. Namun kita kasih limit berapa kosakata yang mereka bentuk dan siapa yang cepat maka team tersebut yang dapat skor.

Saat membentuk kosakata, anak murid diharuskan untuk menuliskan kata-kata tersebut disebuah kertas. Lalu team mana yang lebih cepat menunjukkan kosakatanya ke kita (sebagai guru), maka team tersebutlah yang dapat nilai. Penilaian bisa diberikan angka 100. Sebelum bermain, tuliskan nama-nama group di papan tulis. Nah di bawah nama group masing-masing di tuliskan skor.

Agar lebih seru kita tetap berdiri di depan kelas atau di tengah kelas. Bentuk kelas sepertu U-shape (U-shape). Jadi saat ada team yang sudah menuliskan kosakata-kosakatanya, salah seorang dari team tersebut harus membawa lari kertasnya ke kita. Nah siapa yang benar dan duluan maka mendapatkan nilai 100. Bagi team yang tidak mendapatkan skor sampai 8 atau 10 kali putaran maka kita bisa menggambarkan orang menangis. Simpel saja, nol besar, lalu mata, dan air matanya saja. Hal ini membuat semangat team yang belum mendapatkan skor sama sekali.

Berikut beberapa kata yang bisa kita tuliskan di papan tulis.

  • SEULAWEUT
  • HUNTING
  • PISANGSALE
  • SATEAYAM
  • HELLOKITTY 
  • ELECTRICMONKEY
  • BARBARIAN
  • dan lain-lain
Sekali lagi, game ini boleh diberi nama apa saja. Karena saya sendiri dapatnya juga dari guru saya, dan saya nya lupa apa nama game nya ^_^ Kemudian juga anak murid boleh melihat kamus agar mereka selalu berkreatif membentuk kosakata bahasa Inggris. Jika memungkinkan, sediakan sebuah hadiah yang bisa dibagikan untuk rame-rame, contoh seperti permen atau coklat. Yang murah meriah saja tentunya.

Sekian artikel kita kali ini tentang mengenai mengajar vocabulary dengan menggunakan game. Semoga bermanfaat dan gak pusing membaca artikel ini. Selamat bermain. Share dan atau komen dibawah ini jika ada hal yang ingin di diskusikan. Sampai jumpa di artikel game-game lainnya.

Baca juga: Videogames Untuk Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon