Friday, January 6, 2017

Mengenal dan Belajar 16 Tenses di dalam Bahasa Inggris.


Tabel tenses-tenses dalam bahasa Inggris ini saya ketik ulang dari STEP (Systematic Technique of English Program) dari Bapark Drs. Ansharullah. Saya mencoba mencari di toko-toko buku tentang STEP ini namun belum ketemu. Karena ini adalah karya zaman dahulu dan saya belajar dari selebaran ini, maka saya ketik ulang sebagai pembelajaran untuk saya sendiri dan juga pelajar di Indonesia.

Sumber Photo: pexels.com
Bagi kita penutur bahasa Indonesia, kita tidak mengenal yang namanya tenses. Di dalam bahasa Indonesia sendiri kita tidak memiliki perubahan-perubahan kalimat/katakerja dikarenakan waktu yang yang berbeda-beda. Olehkarenanya agak sedikit kesulitan bagi kita dalam memahami tenses di dalam bahasa Inggris pada awalnya. Namun bagaimana cara mudah nya untuk bisa menguasai tenses di dalam bahasa Inggris? Saya pribadi (pengalaman sendiri) belajar dari tabel di bawah ini, dan kemudian saya tambah-tambah sendiri contoh-contoh lainnya. Bagi saya yang terpenting konsep dari tenses ini harus dikuasai, selanjutnya hanya pengembangannya saja. Berikut tabel tenses-tenses nya.


Kelompok Past
Kelompok Present
Kelompok Future
Kelompok Past Future
2. Past Tense

e.g.:
I did my homework yesterday

He painted the room last year

1. Present Tense

e.g.:
I do my homework every day

He paints the room every year
3. Future Tense

e.g.:
I will do my homework

He will paint the room next year
4. Past Future Tense

e.g.:
I would do my homework if …

He would paint the room the following year if he …

10. Past Continuous Tense

e.g.:
I was doing my homework

He was painting the room

9. Present Continuous Tense

e.g.:
I am doing my homework

He is painting the room
11. Future Continuous Tense

e.g.:
I will be doing my homework

He will be painting the room
12. Past Future Continuous Tense

e.g.:
I would be doing my homework

He would be painting the room

6. Past Perfect Tense

e.g.:
I had done my homework

He had painted the room before the guest arrived


5. Present Perfect Tense

e.g.:
I have done my homework

He has painted the room recently
7. Future Perfect Tense

e.g.:
I will have done my homework

He will have painted the room by Monday

8. Past Future Perfect Tense

e.g.:
I would have done my homework if …

He would have painted the room if …

14. Past Perfect Continuous Tense

e.g.:
I had been doing my homework

He had been painting the room
13. Present Perfect Continuous Tense

e.g.:
I have been doing my homework

He has been painting the room

15. Future Perfect Continuous Tense

e.g.:
I will have been doing my homework

He will have been painting the room
16. Past Future Perfect Continuous Tense

e.g.:
I would have been doing my homework

He would have been painting the room


Untuk memudahkan teman-teman sekalian dalam mengenal dan belajar bahasa Inggris ada baiknya kita menelaah terlebuh dahulu table diatas. Kita harus mengenal dahulu tentang apa itu present, past, dan future, abaikan terlebih dahulu past future. Berikut sedikit pencerahan:

  • Present adalah suatu kejadian yang sedang berlangsung (atau berlangsung berulang-ulang) dengan keterangan waktu saat ini atau waktu sekarang. Apabila kita melihat jenis kalimat present ini keterangan waktu yang sering di gunakan adalah everyday, every month, every year, atau every ... (bentuk keterangan waktu lainnya). Lalu yang sering membuat kita bingung saat belajar present tense adalah penambahan-penambahan "s"/"es", menggunakan to be atau tidaknya, dan orang ketiga tunggal dan sebagainnya lah. Kita akan belajar perihal ini lebih detail nanti pada tulisan berikutnya.
  • Past adalah suatu kejadian yang sudah lampau atau sudah lewat dengan keterangan waktu yang sudah lewat pula misalnya yesterday, one hour ago, 3 hours ago, 1 month ago, 5 months ago, last night, last week, last year, one day ago, 3 days ago, dan keterangan-keterangan waktu lampau lainnya. Pada bentuk past tense, yang harus kita perhatikan adalah bentuk kedua dari kata kerjanya termasuk bentuk kedua dari to be. Nah kata kerja bahasa Inggris terbagi menjadi 2 kelompok, yang pertama adalah kata kerja regular verbs dan yang kedua adalah kata kerja irregular verbs. Kata kerja regular verbs hanya tambah -ed diakhir kata kerjanya. Misalnya kata kerja walk, menjadi walked dalam kalimat past tense. Sementara itu untuk kelompok kalimat irregular verbs harus lah kita sering-sering membacanya. Karena perbuhannya sangat jauh berbeda dari verb 1 ke verb 2. 
Baca artikel terkait: Cara mudah menghafal irregular verbs.
  • Future adalah suatu kejadian yang akan terjadi dimasa akan datang. Yes, akan terjadi. Kata kerja yang sering di gunakan adalah will, shall, atau frasa going to. Kata keterangan waktu yang sering digunakan pada kaliat future adalah tomorrow, the following day, next two days, next month, next year.
Sekian artikel tentang mengenal dan belajar 16 tenses di dalam bahasa Inggris. Semoga memberi manfaat bagi yang sedang belajar tenses. 

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

4 comments

makasih ser atas pelajarannya

saya akan teres mengikuti pelajaran sir posting yang banyak ea sir


EmoticonEmoticon