Monday, January 23, 2017

Tips Menghadapi Test Structure TOEFL: Incomplete Sentence

Pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas beberap tips belajar TOEFL. Kali ini kita akan fokus kepada strategi atau tips menghadapi test structure TOEFL yang mana topic pembahasan nya adalah incomplete sentence.

Apa itu incomplete sentence?
Pada test structure TOEFL, ada beberapa soal yang terdiri dari satu atau dua kalimat dan sengaja ada yang di kosongkan. Yang di kosongkan itu biasanya verb, atau subjek, atau adverb. Pada bagian ini biasanya terdiri dari 15 soal. Pilihan gandanya bisa berupa satu kata atau bisa jadi sebuah frasa.

Fokus.
Fokus kita saat menjawab soal seperti ini adalah kosakata atau frasa dari bahasa akademik, isi nya yang berbau akademik. Disamping itu kita juga harus memperkaya bacaan kita dengna tema nama orang-orang terkenal di Amerika seperti George Washington atau Amelia Earhart. Kemudian kita juga harus fokus kepada beberapa tempat terkenal di Amerika yang tentunya menjadi landmark nya Amerika seperti Grand Canyon atau Broadway. Kedua tema itu bisa kita baca di berbagai sumber, baik itu buku, majalah, maupun Internet. Dengan banyak membaca topik-topik Amerika, akan menambah kosakata akademik dan juga pengetahuan akademik dari berbagai bidang ilmu. Ini fokus kita pertama untuk mempermudah kita menghadapi test structure TOEFL.

Contoh soal incomplete sentence

The new instructor came ___ if books had been delivered.
(A) seeing
(B) having seen
(C) to see
(D) and saw

Sumber Photo: pexels.com
Untuk latihan, silakan menjawab soal-soal incomplete sentence dengan cara TIDAK MELIHAT pilihan jawaban A,B,C,D. Dengan begitu melatih kita untuk memberikan jawab yang pasti dan benar. Sulit? iya sulit namun akan membuat kita cepat menjawab di soal structure ini nantinya. Kerjakan soal-soal incomplete sentence sehari 5 atau 6 soal. Jadi tidak akan menjadi beban karena kita melakukannya setiap hari. Jika sudah tidak bisa maka bisa melihat pilihan jawaban yang tertera. Check untuk jawaban pastinya di kunci jawaban, namun itu pun jika sudah mengerjakan beberapa soal. Hal ini supaya kita lebih fokus. Practice, practice dan practice.

Skill yang harus di kembangkan untuk menghadapi test structure TOEFL.
  • Pertama kita harus menguasai benar bagian-bagian part of speech. Abaikan apa itu istilah part of speech jika belum pernah mendengarnya. Intinya kita harus belajar mendeteksi subject, verb, adjective, noun, adverb, article, preposition, dan interjection. 
  • Belajar tentang apa itu subject agreement.
  • Belajar tentang tenses
  • Belajar tentang tata letak suatu kata pada suatu kalimat dengan benar.
  • Belajar untuk bisa memilah 2 pilihan jawaban yang pasti salah. Dengan begitu kita memiliki 2 pilihan jawab yang mendekati benar.
Startegi-strategi yang harus di perhatikan saat ikut tes TOEFL. Strategi ini berlaku bukan hanya untuk bagian structure tapi juga test TOEFL pada umumnya. 
  • Jangan pernah membaca arahan (general direction). Gunakan waktu ini untuk langsung saja mengerjakan soalnya. Untuk Listening, bisa langsung membaca pilihan jawaban-jawab yang tersedia.
  • Untuk incomplete sentence, baca langsung kalimat nya dan coba langsung mengisi kata yang dikosongkan. Nah saat kita membaca pilihan gandanya, maka kita akan memiliki jawaban yang benar dan sesuai dengan yang kita pikirkan. Hal ini bisa menghemat waktu yang mana waktu adalah hal terpenting dalam tes TOEFL.
  • Hati-hari dengan kesalahan-kesalahan umum.
  • Jawab semua pertanyaannya. Jika tidak yakin, maka TEBAK ! 
Fokus pada subject.
Pada dasarnya subject dalam bahasa Inggris dapat di klasifikasikan menjadi tiga tipe yaitu dalam bentuk satu kata (word), sebuah frasa (a phrase), atau sebuah klausa (a clause). Biasanya sebuah subjek akan diikuti oleh kata kerja (verb) dan subjek menjadi jawaban atas pertanyaan siapa (who?) atau apa (what?).

Subject dalam bahasa Inggris bisa berbentu sebuah noun, noun phrase, gerund, noun clause atau kata-kata seperti there atau it.

Baca artikel terkait: It + be + Adjective + Infinitive

Berikut contoh-contohnya:

Subject
Sentence
Noun
Cats are cute.
Noun Phrase
The Persian cats are cute.
Gerund
Loving the cats is good.
Noun Clause
Why she liked the cat is a mystery to me.
It
It is a mystery to me
There
There are many cats

Itu dia beberapa hal yang harus kita tingkatkan agar bisa menghadapi test structure TOEFL bagian incomplete sentence. Semoga bermanfaat. Kita akan membahas tentang structure lagi di tulisan berikut nya. 

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon