Thursday, January 19, 2017

Tips Menjaga Otak Tetap Bekerja Optimal Untuk Belajar Bahasa Inggris

Terkadang apa yang ada di kepala kita sudah terlalu banyak. Sehingga otak kita pun ikutu-ikutan lelah. Efeknya akan terasa pada kinerja otak kita itu sendiri. Seiring perkembangan jaman banyak faktor yang membuat otak kita cepat lelah. Namun, kita harus pandai dalam menjaga keseimbangannya agar tetap optimal. Termasuk saat belajar bahasa, apalagi bahasa Inggris. Otak yang optimal akan mampu menuntun kita untuk belajar lebih cepat tentang apapun termasuk belajar bahasa Inggris. Oleh karena nya pada artikel kali ini kita akan mencoba untuk berbagi tips/saran agar dapat menjaga otak tetap bekerja optimal untuk belajar bahasa Inggris.

1. Menulis.

Mencobalah untuk menulis secara terbalik atau menulis dengan tangan kiri (jika anda kidal, maka gunakan tangan kanan). Hal ini membuat kita untuk menghubungkan koneksi-koneksi baru yang ada di otak kita dan membantu kita untuk menghadirkan ide-ide baru.

2. Gunakan Bagian Otak Lain.

Gunakan bagian otak yang lain yaitu dengan cara melakukan aktivitas baru atau hobi baru seperti bermain tenis, belajar beladiri atau belajar menari.

Sumber Photo: pexel.com

3. Tidur. 

Tidur yang cukup sangat dibutuhkan. Jika kita memiliki jam tidur yang tidak cukup, hal tersebut akan membuat otak kita kesulitan dalam menyusun-nyusun bahasa kita dan juga kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide kita. Oleh karenanya tidur yang cukup akan menjaga otak kita tetap bekerja optimal untuk belajar sepanjang hari.

4. Hindari Junk Food.

Jangan terlalu banyak makan makanan siap saji (junk food). Hal ini disebabkan karena akan meningkatkan kadar kolesterol yang akan memberikan efek buruk terhadap jantung kita dan juga otak kita.

5. Berfikirlah Seperti Orang Muda. 

Banyak diantara kita yang berfikir bahwa kita sudah tua, dan kita pun ikut-ikutan berlagak seperti orang tua. Seharusnya kita harus tetap muda selalu, berfikirlah seperti orang muda walaupun usia sudah dimakan masa.

6. Ber-olahraga-lah.

Berolahraga dipercayai dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga otak kita. Hal ini disebabkan oleh aliran darah kita selalu lancar sampai ke-otak, karena jantung kita terpompa lebih cepat saat kita berolah raga. oleh karena nya kita pun bisa berfikir lebih fresh dan semangat belajar pun tumbuh.

7. Belajar Bahasa Asing.

Belajar bahasa asing lainnya seperti bahasa Arab, Bahasa Jepang, atau Mandarin sebagai contohnya. Hal ini akan membuat otak kita "berolahraga" saat belajar bahasa Inggris. Karena setiap bahasa akan memiliki formasi dan struktur bahasa yang berbeda-beda. Tidak perlu dipaksakan, belajarlah dengan santai dengan penuh keceriaan tanpa beban. Dengan begitu otak kita pun tetap terjaga optimal.

8. Makan Ikan. 

Makan ikan yang banyak sangat baik untuk otak kita. Beberapa ikan seperti ikan salmon dan tuna di yakini memiliki kandungan minya omega 3 yang membantu otak kita tetap bekerja optimal.

Nah itu dia beberapa tips menjaga otak tetap bekerja optimal untuk belajar bahasa Inggris. Sekian artikel kita kali ini semoga bermafaat untuk kita semua terutama dalam menjaga kesehatan kita dan juga otak kita.

Referensi:
Tilbury, A., Clementson, T, Hendra, L. A., & Rea, D. (2013) English Unlimited.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon