Friday, January 20, 2017

Tips Untuk Proofreading Essay Bahasa Inggris

Sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan bahasa Inggris (Tadris English), kita menyadari bahwa banyak esay atau makalah yang harus kita tulis dalam bahasa Inggris. Sebaiknya setelah menulis essay/skripsi dalam bahasa Inggris, silakan di cek terlebih dahulu. Proses ini disebut dengan proofread. Tujuan nya adalah untuk membuat si pembaca mudah memahami tulisan kita.

Nah artikel kali ini kita akan mencoba membahas sedikit tentang tips untuk proofreading essay bahasa Inggris. Berikut tips nya:


1. Membuat list hal-hal yang harus di cek.


Cek penulisan kata-kata yang synomin atau homophone yang mana terkadang saat buru-buru kita mengetiknya salah. Titik dan koma atau tanda baca lainnya harus menjadi top prioritas dalam list ini untuk di review. Terkadang kita melupakan titik atau comma saat mengetik essay kita, tidak ada ruginya jika kita meluangkan waktu sedikit untuk mengecek tanda baca di dalam penulisan essay atau skripsi kita. Buatlah daftar (list) hal-hal yang harus di cek di selembar kertas atau sticky notes dan tempelkan di dinding dekat meja belajar kalian. Hal ini membuat kita menjadi mudah untuk proofread essay kita sendiri di kemudian hari.

Sumber Photo: pixabay.com

2. Baca mundur.

Maksudnya adalah membaca dari kata terakhir di bawah paragraph dan di lanjutkan hingga keatas paragraph. Karena biasanya kita membaca dari atas kebawah, membaca terbalik seperti ini dapat membuat kita fokus pada tiap-tiap kesalahan ketik maupun tanda baca.

3. Baca lah setelah beristirahat.

Selah menulis essay/skripsi (first draft), silakan teman-teman untuk beristirahat sejenak, mungkin se-jam. Pergilah dari luar kamar, jika mungkin pergi ke taman dekat rumah. Lihat yang hijau-hijau tapi bukan lirik-lirik yang bukan-bukan ya :). Nah setelah mata dan hati sedikit senang, kembalilah ke essay kita, baca ulang, dan baca pelan-pelan. Jika perlu gunakan jemari telunjuk untuk menunjuk satu satu kata yang kita baca. Cara ini sangat efektif walaupun kelihatannya seperti anak SD yang baru bisa membaca. Tapi yakinlah kita akan lebih memahami bagian mana yang harus di edit. Edit jika ada yang perlu di edit dan hasil editan kita kedua ini akan menjadi second draft. Keesokan harinya atau dua hari kemudian coba di baca lagi. Jika masih ada yang kurang atau janggal, kita bisa edit lagi dan setelah di edit maka essay/skripsi kita akan menjadi third draft. Biasanya proses ini pasti akan dialami oleh penulis-penulis yang memang peduli terhadap apa yang ia tulis. Tujuannya agar orang-orang yang membaca lebih mudah memahami. So, be patient.

4. Minta bantu teman untuk membaca.

Meminta bantuan teman untuk membacakan essay/skripsi kita merupakan satu hal yang bagus dalm dunia persilatan proofreading. Jika teman kita mengerti apa yang kita tulis, maka tulisan kita sudah siap untuk di submit ke dosen/professor kita. Namun sayangnya teknik yang satu ini terkadang kurang berhasil. Kenapa? karena kita punya teman yang tidak suka membaca. Atau jika pun ada teman yang mau membaca essay/skripsi kita, maka ia akan meminta imbalan. Ya kalau dipikir-pikir wajar, karena ia nya sudah capek membaca. Kenapa tidak belikan ia pisang goreng sesekali ^_^

5. Baca di kamar mandi seperti robot.

Membaca draft essay kita di tempat sunyi seperti di kamar mandi bisa menjernihkan pikiran :D, memang agak sedikit konyol tapi you know sometime it works better. Lalu kita membacanya seperti robot. Dengan begitu kita bisa menandakan tataletak titik dan koma dengan tepat. Ditambah lagi kita bisa mengganti beberapa kata sama yang berulang-ulang dengan menggunakan sinonim.

Sekian artikel kita kali ini mengenai tips untuk proofreading essay bahasa Inggris. Silakan membuat list hal-hal yang perlu diedit, dan perkaya kosakata bahasa inggris dengan membaca atau juga bisa perkaya sinonim-sinonim dalam bahasa Inggris.

Referensi: Grammarly.com

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

2 comments

Wah mas nie kayaknya jago bahasa inggris nih, walau saya tak begitu mengerti bahsa inggris secara detil tapi saya yakin artikel ini bagus ulasannya dan bahasan niche blognya..saya suka..semagat mas.!

saya juga masih pemula juga Mas di dunia persilatan bahasa Inggris :D. Mas juga jago dalam hal komputer sering berkunjung ke blognya Mas. Sukses selalu ya Mas Warman. ^_^


EmoticonEmoticon