Friday, September 29, 2017

Cara Mudah Download Jurnal Artikel Berbayar

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara men-download jurnal-jurnal yang harus bayar namun bisa kita dapatkan secara gratis. Awal nya agak sedikit risih untuk berbagi tentang ini, akan tetapi banyak sekali teman-teman mahasiswa yang ada di Indonesia terutama di Aceh yang tidak memiliki akses untuk jurnal-jurnal internasional dan bagus secara gratis.

Foto: pixabay.com

Sebagai mahasiswa S2 dan S3, kita di tuntut untuk membaca banyak jurnal artikel yang berkaitan dengan penelitian / research yang sedang kita lakukan. Namun di Aceh masih banyak universitas-universitas yang tidak memiliki akses untuk jurnal-jurnal internasional dikarenakan biaya. Ada beberapa jurnal database yang menyediakan jurnal secara gratis. Namun masih sangat kurang dan masih belum terlalu "kaya" dengan resource nya.

Baca juga: 6 Web penyedia journal artikel bahasa Inggris

Di tambah lagi kalau mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris atau sastra Inggris, yang mana kita memang di tuntut untuk mencari sumber yang berbahasa Inggris pula walaupun sifatnya tidak wajib. Nah oleh karena nya pada artikel kali ini kami mencoba untuk mendeskripsikan bagaimana cara mudah untuk mendownload jurnal artikel berbayar.

Berikut langkah sederhana untuk dapat download jurnal berbayar secara gratis:

1. Buka situs sci-hub. 
2. Buka situs-situs yang menyediakan jurnal internasional seperti sciencedirect atau JSTOR.
3. Cari jurnal artikel yang ingin di download. Contoh: Pragmatic borrowing from English into Serbian: Linguistics and sociocultural aspects.

4. Lalu copy URL atau no. DOI
5. Paste kan / tempelkan alamat URL atau no. DOI nya ke situs Sci-hub
6. Klik open.
7. Maka Jurnal yang tadi nya berbayar sudah bisa kita akses dan juga download secara gratis.

Untuk sekedar informasi, diusahakan untuk selalu mengecek situs sci-hub apakah masih aktif atau tidak. Jika tidak aktif lagi, silakan google dengan keyword sci-hub.

cara download jurnal gratis
Foto of Sci-hub.cc, foto is taken from private document

Selain sciencedirect dan JSTOR, database jurnal artikel yang menyediakan jurnal-jurnal Internasional lainnya terutama di bidang bahasa adalah Springer, dan Applied Linguistic Journal. Perlu digarisbawahi bahwa tidak semua jurnal artikel yang berasal dari database-database diatas itu bisa di download. Bisa jadi itu dikarenakan jurnal artikelnya tahun lama, atau sci-hub belum menyediakan akses ke jurnal yang kita inginkan. Walaupun demikian, banyak sekali jurnal berbayar yang bisa kita download secara gratis dengan menggunakan sci-hub.

Nah itu dia artikel kita kali ini tentang cara download jurnal bagus dan berbayar secara gratis. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi semuanya. Share untuk teman-teman mahasiswa yang sedang mencari situs untuk mendownload jurnal berbayar secara gratis.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon