Monday, October 23, 2017

Cara Mengajar Comparison: Speaking Drill Using The Comparison Game

Mengajar comparison tentu nya bisa di modifikasi dari teknik ke teknik. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan memberikan cara praktik langsung (speaking) dengan topic comparison. Allen (p.290) menamai pola ini dengan sebutan The Comparison Game.

Sumber Foto: pixabay.com

Secara tradisional, kita belajar comparison hanya dengan membandingkan gambar yang di sediakan guru. Kemudian menjawaab soal baik itu dituliskan di buku latihan maupun maju ke papan tulis. Sementara itu, jarang sekali ada guru bahasa Inggris yang memberikan drill khusus agar siswa terlatih menggunakan comparison dalam speaking.

Latihan speaking dengan topik comparison ini bisa di buat dengan cara menyediakan beberapa list (daftar) vocabulary yang memiliki sifat yang sama atau mirip. Kemudian, siswa bisa menanyakan pertanyaan dengan dua format di bawah ini

1. How is X like Y?
2. How does X differ from Y?

Siswa pertama bisa menanyakan pertanyaan dengan menggunakan kedua format diatas. Lalu siswa kedua (sebagai interlocutor) memberi tanggapan dengan beberapa kata atau kalimat saja yang menunjukkan kesamaan (similarity) atau perbedaan-perbedaannya (differences) yang mudah ia pikirkan. Dengan kata lain, siswa kedua tidak di tuntut untuk menjawab pertanyaannya secara mendetail.

Tujuannya adalah agar siswa kedua tidak merasa tertekan dan juga aktivitas semacam ini cocok bagi siswa tingkat elementary (dasar).

Berikut adalah exercise nya. Gunakan pasangan kata-kata di bawah ini, dan respon dengan beberapa kata atau kalimat saja.

 (A) How is X like Y?
 (B) How does X differ from Y?

1. Chair          Table
2. Glass          Cup
3. Car Bus
4. Orange Apple
5. Television Radio
6. Tea Coffee
7. Dog Horse
8. Duck Chicken
9. Boot Shoe
10. Watch Clock
11. Flat         House
12. Pen      Pencil
13. Buther Grocer
14. Cow Sheep
15. Arm    Leg
16. King   President
17. Road   Street
18. Kettle Teapot
19. Cabbage Lettuce
20. Cigar  Cigarette
21. Box Tin
22. Fog Mist
23. Gate   Door
24. Worm Caterpillar
25. Nail    Screw
26. Rabbit Hare
27. Fruit   Vegetable
28. Dream Nightmare
29. Wages Salary
30. Map Globe

Contoh:
Siswa A menanyakan "How is spoon like fork?" atau "How does lake differ from pond?". Kemudian Siswa B bisa merespon dengan beberapa kata saja atau beberapa kalimat saja. Misalnya "the spoon and fork are made of iron" atau "Lake is bigger and deep, pond is smaller and not too deep".

Siswa bisa maju berpasang-pasangan di depan kelas. Kemudian guru memberikan pasangan kata-kata seperti yang sudah kita list diatas. Atau juga bisa di jadikan homework, yaitu dengan memeberikan semua list pasangan kata-kata diatas, kemudian suruh mereka mencari teman untuk practice speaking dan rekam menggunakan tab atau smartphone yang mereka miliki.

Lalu rekaman bisa di kumpulkan saat masuk ke kelas minggu depan nya. Untuk lebih menantang, video juga bisa di posting di akun instagram atau Youtube siswa. Untuk postingan di Instagram, ada baiknya ditanyakan langsung pada siswanya apakah mereka bersedia atau tidak dan jangan ada paksaan kepada mereka yang tidak memiliki akun instagram.

Nah itu dia sepintas tentang The Comparison Game. List kosakata pasangan diatas murni dikutip dari buku Allen. Referensinya tersedia dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat, silakan di share atau kalau mau tinggal pesan silakan komen dibawah ini.
^_^ Salam suskses selalu.


Referensi:

Allen, W. S (1974). Living English Structure. Longman, Harlow.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon