Saturday, October 21, 2017

Contoh Kalimat dan Perbedaan Fairly and Rather.

Penggunaan kata-kata fairly dan rather dalam bahasa Inggris adalah sebagai ekspresi suatu tingkatan. Namun bagi kita pemula dalam belajar bahasa Inggris sering sekali salah dalam  penggunaannya.

Sumber Foto: pixabay.com

Kata fairly biasanya digunakan ketika seseorang saat berbicara atau menulis menginginkan / mengharapkan untuk sebuah konfirmasi beberapa hal-hal positif atau ide-ide yang menyenangkan / menggembirakan. Di lain sisi, kata rather digunakan ketika ingin menungkapkan hal-hal negative atau ide-ide yang tidak menyenangkan.

Dengan kata lain, kata fairly semacam selangkah menuju ideal, sementara itu rather selangkah mundur menuju ideal. Atau juga bisa kita rangkum kan dengan memberikan contoh dengan kata too and enough seperti ini.

1. It was too cold for us to go out.
2. It was cold enough to freeze our body.

Pada contoh no. 1, too menunjukkan bahwa sangat dingin yang dalam bentuk negatif sehingga mereka tidak bisa keluar. Kemudian pada contoh no. 2, enough menunjukkan bahwa cukup dingin nya dalam bentuk positif. Maksudnya mereka sedang butuh untuk mendinginkan badan mereka sehingga dinginnya sudah cukup.

Nah, penggunaan kata fairly adalah setengah menuju kata enough itu. Sementara itu kata rather adalah setengah menuju kata too.

Jadi kita bisa bilang seseorang is "fairly well" karena sehat (well) adalah sesuatu yang manusia inginkan, akan tetapi kita bisa bilang seseorang is "rather ill" karena sakit (ilness) adalah sesuatu yang manusia tidak inginkan sama sekali.

Mari kita lihat contoh nya:

3. Rabumah is rather tall for her age

Pada contoh no. 3 diatas menunjukkan bahwa tinggi badan Rabumah tampak tinggi yang sedikit tidak ideal (karena "terlalu tinggi"). Dia lebih tinggi dari pada yang kita sukai. Mari kita lihat contoh no. 4 dibawah ini:

4. Rabumah is fairly tall for her age

Berbeda dengan contoh no. 3, contoh no. 4 ini menunjukkan bahwa tinggi Rabumah sangat ideal dan kita mengakui nya. Kata tinggi pada kalimat adalah sebuah hal yang ideal dan kita semua menerima hal tersebut.

Jadi kesimpulannya adalah perbedaan penggunaan kata fairly dan rather adalah:
Kata fairly lebih condong kepada sebuah hal yang positif atau ide yang menyenangkan, sebaliknya
kata rather digunakan untuk menunjukkan sebuah hal negatif atau ide yang tidak menyenangkan. 

Nah dari pemaparan diatas kita bisa mengetahui tentang perbedaan antara fairly dan rather. Sebagai bahan latihan coba perhatikan beberapa soal diabawah ini:

Isilah kata fairly atau rather pada kolom yang kosong pada tiap-tiap kalimat dibawah ini.

a. We hope this test will ____ easy.
b. Well, They'are afraid it will be _____ difficult.
c. Let's go by car; it's a ______ uninteresting walk.
d. Our homework was _____ good this month.
e. The food was ___ badly cooked.

Kira-kira sudah mudah dapat dipahami? semoga sudah dapat dipahami ya perbedaan fairly dan rather serta contoh-contoh kalimatnya. Semoga bermanfaat ^_^

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon