Tuesday, October 31, 2017

Cara Mengajar Modal Verbs Secara Menyenangkan

Kesulitan dalam mengajar modal of probability? mengajarkan modal of probability tergolong mudah-mudah susah. Banyak anak murid tidak memahami apa itu modal walaupun telah diajar oleh guru. Hal ini kemungkinan disebabkan kita sebagai guru kurang memberikan konteks dalam mengajarkannya. Lantas bagaimana kita bisa membawa konteks penggunaan modal of probability kedalam kelas saat mengajar? Satu tantangan terbesar dalam mengajarkan modal adalah siswa mengerti makna dari modal serta penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Modal memiliki beberapa makna dan justru terkadang suka menimbulkan makna yang ambigu.  Hal ini membuat siswa kebingungan dalam memahami pengunaan modal, kapan dan dalam konteks yang bagaimana modal ini atau itu di gunakan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengajar modal of probability secara menyenangkan dan menarik dengan menggunakan konteks komunikasi. Sepintas aktivitas nya adalah seorang siswa membuat sebuah menara menggunakan gelas minuman mineral kosong (bekas), lalu teman-teman segroupnya akan memberikan komentar pada setiap menara akan jatuh atau tidak? Dari situ mereka akan belajar menggunakan modal of probability secara komunikatif.

Mempersiapkan Material:

Dalam mempersiapkan aktivitas pengajaran modal ini, kita akan membuat semacam game yang memerlukan teamwork. Material yang di butuhkan adalah beberapa gelas plastik air minum mineral yang sudah bekas. Untuk kelas yang besar, silakan prediksi berapa gelas yang di butuhkan. Contoh, untuk membuat satu tower (menara) dibutuhkan sekitar 15 sampai 25. Jika dirasa kelas nya cukup besar, maka bisa di persiapkan 3 atau 4 tower. Agar siswa nanti memahami permainannya, ada baiknya guru membuat demo di depan kelas dan siswa harus memperhatikan. Jika guru mampu menyusun sebuah tower dengan menggunakan semua gelas air mineral yang ada, maka guru harus mempersiapkan gelas air mineral lebih. Tujuannya adalah agar nanti siswa kesulitan membuat tower dan kemungkinan akan jatuh tower yang mereka bangun hingga 100%.

Mempersiapkan Permainan:

Perhatikan tabel dibawah ini, jika memungkinkan silakan untuk di tuliskan di papan tulis agar siswa dapat melihatnya. Ajak mereka untuk membaca modal verbs nya bersama-sama. Periksa pronunciation mereka, koreksi siswa jika diperlukan. Kita memilih satu verb saja yaitu fall, karena tower yang mereka bangun nantinya kita harapkan akan jatuh.


Berikut pola permainannya:
  • Bentuklah dua atau tiga group.
  • Group pertama diizinkan untuk bermain untuk pertama kali.
  • Dari group pertama, ada satu siswa yang di suruh maju kedepan kelas. Kita sebut dia menjadi "builder". Tugas dari builder sendiri adalah menyusun gelas air mineral menjadi tower. Cara nya letakkan satu gelas upright (bibir gelas menghadap keatas), lalu gelas kedua disusun disampingnya dengan bibir gelas kebawah sehingga pantat gelas akan beraa diatas. Kemudian gelas ketiga disusun lagi seperti posisi gelas pertama, lalu gelas ke-empat juga disusun seperti posisi gelas kedua, dan begitu seterusnya hingga builder bisa membuat tower setinggi mungkin.
  • Siswa lain di group satu harus memberikan komentar pada tiap gelas air mineral di susun oleh builder. Pada awal-awal; mereka akan memberi komentar "won't fall", lalu pada pertengahan tower yang sedang dibangun, mereka bisa memberikan komentar "could fall", dan semakin tinggi tower yang dibangun maka komentar mereka bisa menjadi "will fall".
Setelah group satu sudah selesai dan tower nya sudah jatuh, maka bisa di lanjutkan dengan group ke dua. Siswa yang lain memperhatikan. Terdengar bosan, namun mereka akan menggunakan modal verbs dalam konteks yang nyata dan dengan begitu mereka akan belajar pragmatic meaningnya sekaligus.

Untuk membuat pembelajaran modal verbs ini lebih menyenangkan, guru bisa menyuruh group satu, dua, dan tiga untuk sekaligus membangun tower nya. Dan setiap anggota kelompok dari masing-masing group terus memberikan komentar. Kelas nya akan sedikit ribut, akan tetapi sangat menyenangkan.

Untuk membuat pengajaran modal verbs ini lebih asyik lagi, guru bisa memberikan limit waktu tertentu untuk builder membangun tower. Dengan begitu builder akan berlomba-lomba untuk membangun tower setinggi mungkin dan juga agak sedikit panik. Kemungkinan untuk tower itu roboh pun lebih cepat.

Sumber Foto: Pexels.com [Foto hanya untuk memperindah tampilan blog]

Evaluasi:

Agak sedikit sulit untuk menilai tiap-tiap individunya, dikarenakan kelasnya akan sedikit ribut. Namun kita bisa memperhatikan setiap siswa saat memberikan komentar. Adapun cara yang lebih mudah yaitu dengan cara menggatur irama permainannya. Setiap satu gelas sudah di susun, guru bisa menanyakan pada anggota group nya untuk memberikan komentar. Mana siswa yang masih kurang bisa di ulang-ulang.

Bagaimana? kira-kira memungkinkan untuk diterapkan di dalam kelas kita? jika memungkinkan, silakan diterapkan pola belajar modal verb seperti ini. Nah itu dia sepintas tentang bagaimana cara mengajar modal verb secara menyenangkan. Semoga tulisan yang sedikit ini mampu membuat kelas teman-teman menjadi lebih hidup dan bersemangat saat belajar modal verbs. Silakan di bagikan (share) atau di komen dibawah ini untuk berdiskusi lebih lanjut.

Happy learning and Happy teaching. Thank you very much. ^_^

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon