Friday, October 6, 2017

Penggunaan Edmodo.com Untuk Kelas Bahasa Inggris

Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa di zaman digital seperti saat ini seorang guru atau dosen dituntut cerdas dalam menggunakan beberapa situs atau aplikasi untuk tujuan pembelajaran terkhusus nya belajar bahasa Inggris. Salah satu media yang bisa kita pelajari untuk kita gunakan di kelas adalah Edmodo.com. Edmodo menjadi sebuah ruang maya bagi dosen/guru untuk menyediakan PR, Quiz, atau Tugas yang bisa dikerjakan oleh anak murid di luar kelas. Selain itu, sebagai pengajar kita bisa memantau progress anak didik kita secara online. Dengan membuat kelas virtual di Edmodo.com, kita bisa selalu memberikan input kepada peserta didik kita untuk terus belajar bahasa Inggris di luar kelas dan secara online. Edmodo menyediakan fitur bagi kita untuk bisa membuat quiz, tugas, atau poll (sejenis vote).

Kelas Virtual Bahasa Inggris di edmodo.com


Saya tidak bisa menyebutkan 100% benar bahwa edmodo.com di sebut dengan istilah virtual class, namun untuk saat ini, untuk kenyamanan dan agar mudah dipahami, istilah virtual class ini kita gunakan. Di edmodo.com, kita bisa membuat sebuah kelas yang mana nanti kita bisa mengajak murid-murid kita bisa bergabung di dalam kelas maya yang kita asuh. Kelas tersebut tidak bersifat publik, dengat kata lain sangat private. Kita hanya perlu memberikan link kelas kita atau memberikan kode kelas kepada anak murid kita.

Tampilan edmodo hampir sama seperti facebook. Berbagai fitur sudah disediakan untuk memudahkan kita dan anak murid untuk upload dan download bahan ajar.

Fitur-fitur yang tersedia pada edmodo.com adalah sebagai berikut:

A. Assignments
Foto: Tab assignment pada edmodo.com

Pada fitur assignments ini, kita bisa melihat tugas tugas yang telah kita berikan untuk kelas kelas yang kita asuh. Dengan meng-klik salah satu tugas yang kita berikan, kita bisa menampilkan berapa siswa yang mengerjakan tugas nya. Tidak hanya itu saja, kitapun bisa melihat soal-soal mana saja yang tiap-tiap murid itu kerjakan salah dan benar. Sehingga dengan demikian kita bisa melakukan review saat di dalam kelas yang real.

B. Progress
Foto: Tab progress pada edmodo.com

Saat kita klik fitur ini, pilihlah kelas yang kita ingin lihat progress anak murid. Disitu nanti tersedia form penilaian seperti tugas, quiz, kehadiran, midterm, dan juga final. Semua item tersebut bisa kita edit dan tambahkan langsung di situ hanya dengan klik "add grade", termasuk juga nilai prilaku. Nilai-nilai tersebutpun bisa di input secara manual. Khusus untuk nilai tugas dan quiz, otomatis nilainya dari tugas dan quiz yang anak murid kerjakan. Jika mereka tidak mengerjakan tugas, berarti nilai nya nol. Kemudian di akhir semester, kita pun bisa download (export) nilai anak murid yang nantinya akan menjadi file microsoft excel untuk nantinya di pergunakan dan disesuaikan dengan penilaian yang ada di sekolah / perguruaan tinggi masing-masing.

C. Library
Foto: Library pada edmodo.com
Dengan adanya fitur yang satu ini, kita dapat mengunduh e-book atau file-file yang berhubungan dengan mata kuliah yang kita ajar. Di samping itu pun kita kita bisa membuat folder sendiri berdasarkan matakuliah yang kita asuh. Contoh kita membuat folder mata kuliah CALL, lalu kita upload file-file yang akan mahasiswa/siswa harus baca kedalam folder CALL tersebut. Nantinya kita hanya perlu memberikan link folder CALL kepada anak murid agar mereka bisa men-download bahan ajar nya. Sehingga membuat kelas kita lebih berasa "paper less" gitu ^_^ (ceritanya hemat :D)


D. Messaging
Foto: Messaging pada edmodo.com

Melalui fitur yang satu ini, kita bisa mengirim pesan kepada anak murid / mahasiswa secara individu. Zaman sekarang banyak sekali mahasiswa / siswa yang prefer berkomunikasi menggunakan media chatting seperti ini. Tidak ada salah nya jika kita menggunakan media ini untuk memberitahukan sesuatu seperti nilai mereka, keaktifan di kelas, atau sekedar diskusi terkait mata kuliah. Yang harus di pahami oleh kita sebagai pengajar adalah jangan menggunakan media chatting untuk hal yang sangat penting dan mendesak.

E. Notifications

Layaknya facebook dan berbagai jenis media sosial lainnya, edmodo pun memiliki fitur notification. Fitur ini bertujuan memberitahukan kita sebagai user edmodo (guru atau murid) tentang hal-hal yang harus dilakukan, atau sekedar menge-cek tugas anak murid atau melihat komentar dari anak-anak murid.

Manfaat Edmodo.com Untuk Pembelajaran Secara Virtual

1. Free alias gratis untuk membuat akunnya.
2. Bisa meng-aplikasikan flipped classroom.
3. Membuat suasana (diskusi) kelas tetap berjalan walaupun tidak didalam kelas yang nyata.
4. Guru / Dosen bisa berkomunikasi dengan anak murid baik itu secara beramai-ramai (diskusi) ataupun secara individu.
5. Guru / Dosen bisa membuat tugas atau quiz secara online yang nantinya murid-murid bisa mengerjakannya secara realtime dan di submit langsung tanpa berjumpa dengan pengajar.
6. Hemat kertas tentunya ^_^ sehingga di meja guru/dosen tidak berserakan dengan homework anak-anak murid.
7. Manfaat edmodo.com lainnya adalah pengajar bisa memberikan bahan ajar berupa e-book / file dan video-video ajar ke kelas virtual yang kita buat.

Kurang lebih itulah manfaat membuat kelas virtual di edmodo.com. Manfaat-manfaat diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya, akan tetapi saya akan mencoba menuliskan lagi manfaat penggunaan edmodo untuk pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan research (jika ada ^_^).

Nah ini dia artikel perkenalan sederhana tentang apa itu kelas virtual di edmodo.com. Semoga kita sebagai pengajar bahasa Inggris bisa dengan bijak menggunakan media edmodo ini untuk kelas virtual. Di artikel selanjutnya kita akan mencoba untuk membahas lebih detail bagaimana cara membuat kelas virtual di edmodo.com. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Share dan komen agar kita bisa diskusi lebih lanjut. Thanks for reading. Like, subscribe, lhaa emangnya Youtube :D

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon