Sunday, November 5, 2017

7 Lagu-Lagu Yang Cocok Untuk Listening di Kelas Bahasa Inggris

Aktivitas listening adalah kegiatan yang di tunggu kebanyakan anak murid di kelas. Itu pun kalau listeniing music, tapi kalau mendengarkan percakapan mungkin mereka agak sedikit tidak menyukainya. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang beberapa lagu yang cocok untuk listening di kelas bahasa Inggris. Tujuan dari aktivity listening menggunakan lagu adalah untuk menghidupkan suasana, dan juga anak murid nantinya bisa mengingat kosakata bahasa Inggris karena lagu tersebut kita ulang-ulang dan bahkan kita nyanyikan bersama. Dikarenakan kita terus mengulang lagunya, ada beberapa kalimat dan frasa yang mereka langsung rekam dan akan menyanyikannya saat berada di luar kelas. Baiklah berikut beberapa lagu yang bisa kita jadikan bahan ajar untuk listening di kelas:


1. What a wonderful world oleh Lois Amstrong


Lagu ini sudah lama sekali dan bagi sebagian anak-anak muda zaman sekarang mereka tidak menyukai nya. Pada link diatas yang saya kasih teman-teman guru bisa mendengarkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya di kelas. Dengan menggunakan lagu ini, kita bisa mengajarkan beberapa kosa kata bahasa Inggris mengenai warna. Teman-teman guru bahasa Inggris bisa mebuat semacam fill in the gap yang nanti nya semua kata-kata yang berhubungan dengan warna bisa di hilangkan/dikosongkan. Saat listening di mulai, siswa bisa mengisikan apa-apa kata yang kosong barusan.

Sumber Foto: pexels.com

Pada lagu versi aslinya, ada beberapa kata yang sulit di tangkap oleh murid. Untuk variasi putarkan juga versi beberapa cover agar melatih listening siswa. Dua cover yang saya kami rekomendasikan adalah Abby Ward dan Michael Buble. Very Abby Ward, beberapa kata diganti dan dihilangkan oleh nya, mungkin dengan tujuan untuk penyesuaian. Sedangkan pada very Buble lumayan sangat jelas dan juga pelan. Setelah 5 atau 7 kali putar, teman-teman guru bisa memperdengarkan what a wonderful world versi Asus. Versi Asus ini nge-beat dan sangat enak di dengar. Tujuannya hanya untuk membiasakan listening anak murid.

2. Bad Day oleh Daniel Powter

Tema lagu ini berkenaan dengan bad day. Diawal kelas kita bisa memulainya dengan menanyakan kepada siswa "apakah pernah menghadapi hari yang buruk?" atau pernah tidak mereka menghadapi hari-hari yang tidak menyenangkan. Kalau kita mengajar di SMA atau Universitas kita bisa memberikan contoh seperti putus cinta misalnya. Dan tentunya mereka senang dengan hal-hal itu. Listening menggunakan lagu ini juga bisa menggunakan teknik fill in the blank. Untuk variasi nya kita akan bahas pada akhir artikel ini.


3. Leaving on the jet plan oleh Jhon Denver

Tanyakan kepada anak murid "siapa yang sudah pernah naik pesawat?" dan dengarkan mereka berkomentar tentang pesawat. Nah lagu yang satu ini cocok untuk mengajarkan vocabulary tentang travel atau airport. Setelah membuat list vocabulary mengenai pesawat dan airport di papan tulis, maka listening section pun bisa di mulai.

Setelah mereka listening beberapa kali dan juga telah mengisi semua kata-kata yang kosong, maka teman-teman guru boleh menjelas kan tentang jet lag. Untuk menjelaskan tentang fenomena jet lag itu kita bisa memberikan conteksnya. Contoh misalnya: Saya berangkat dari Aceh tanggal 15 Mei 2009 ke Amerika. Di perjalanan saya singgah di Jepang yaitu tanggal 16 Mei. Di tanggal 16 Mei itu pula saya terbang lagi menuju ke Amerika pada jam 11 malam. Lalu setiba di Chicago (U.S.), saya melihat jam dinding di bandara menunjukkan jam 6. Saya bertanya, ini jam 6 pagi seharusnya tapi kok jadi gelap? Security nya jawab ini jam 6 malam. Huh? Tanggal berapa? saya tanya. Securitynya jawab tanggal 16 Mei. Makna nya kita telah mengulang waktu. Karena seharusnya pada jam itu saya beraktivitas di Aceh, maka badan saya yang berada di Amerika tidak bisa di ajak tidur (karena di Amerika sudah malam). Keesokan hari ini, di Amerika sudah pagi, badan saya minta tidur, karena di Aceh sudah malam saat itu. Nah fenomena itu sering di sebut dengan jet lag.
Teman-teman guru boleh memberikan contoh yang lebih simple tentunya.

4. If I have million dollar 

Lagu ini khusus untuk mengajar if-conditional. Sangat cocok dengan tema grammar if conditional yang mungkin akan atau sudah kita bahas di kelas. Untuk refreshingnya lagu ini bisa di terapkan.


5. Animal Instinct oleh The Cranberries 

Lagu yang satu ini mengisahkan tentang seorang ibu yang berjuang untuk kedua anak nya. Mungkin kita bisa membahas tentang moral value dari video di lagu ini. Kita bisa mengangkat tema tentang sayang ibu atau hari ibu. Dan diakhir lagu, semua anak murid bisa mendiskusikannya baik secara in pair atau pun in group.


6. Close to You oleh Carpenters

Ini satu lagu romantis-romatisan, pelan dan asyik untuk di dengar berulang-ulang. Pernah nonton film close to you? saat lagu ini di putar, sebuah aksi tembak-tembakan oleh seorang wanita cantik pun membuat kita terpana. Lagu nya sepintas tidak nyambung dengan aksi tersebut namun menambah bumbu "ke-keren-an" aksi tersebut. lhaa kok bahas film? :D Jadi intinya lagu close to you ini bisa di jadikan bahan untuk listening di kelas. Untuk versi covernya, silakan searching Olivia Ong, karena Olivia menyanyikannya lebih jernih.


7. I Have a Dream oleh ABBA

Lagu yang satu ini sangat populer setelah di bawakan oleh Westlife tahun 1990 an. Menggunakan lagu ini, kita bisa mengangkat tema cita-cita anak murid kita. Bahas sedikit seberapa pentingnya kita memiliki cita-cita.


Teknik-teknik nya:

Untuk listening activity ada beberapa teknik yang bisa kita terapkan. Yang pertama adalah Fill in the blank, yang kedua adalah jig saw, yang ketiga bisa dengan memperagakan. Kita akan membahas teknik-teknik ini lebih detail nanti pada artikel selanjutnya. 

Semoga artikel sederhana ini emberikan semngat kita untuk mengajar listening. Share dan komen jika ada yang ingin di diskusikan. Semoga bermanfaat. 

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon