Saturday, November 18, 2017

Belajar Present Tense - Rumus dan Contoh Kalimatnya

"Present tense? apa itu present tense?" begitulah kira-kira apa yang ada dalam benak siswa saat pertama sekali guru mengajarkan tentang present tense. Kebanyakan guru langsung memberikan istilah present tense tanpa menjelaskan terlebih dahulu konteks nya atau contoh-contoh nya. Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang belajar present tense rumus-rumus present tense dan juga contoh-contoh kalimatnya. Sebelumnya, ada baiknya bagi kita-kita baru pertama sekali belajar bahasa Inggris dengan serius silakan baca dulu tentang kalimat verbal dan kalimat non-verbal, agar lebih memahami nantinya saat kita membahas tentang present tense.


Baca juga : Kalimat verbal dan non-verbal

Sebelum panjang kita membahas, teman-teman sekalian ada baiknya mengetahui bahwasanya dalam bahasa Indonesia, kita tidak memiliki perubahan-perubahan kata kerja baik itu dikarenakan subjek nya maupun konteks waktunya. Contoh:

  • Yahwa makan pisang.
  • Makwa makan pisang kemarin.
  • Saya sudah makan pisang tiga hari yang lalu.
  • Maun akan makan pisang besok.
  • Mereka akan makan pisang tiga bulan lagi.
Dilihat dari contoh diatas kita sebagai penutur bahasa Indonesia yang baik dan benar pasti akan demo kalau kata kerja makan berubah menjadi makin pada kalimat kedua, hanya gara-gara si "kemarin". Dan saya juga tidak setuju kalau kata kerja makan berubah menjadi makun pada contoh kalimat ke tiga. Lalu yang menjadi inti dari contoh-contoh ini adalah dalam dunia persilatan bahasa Indonesia kita tidak merubah kata kerja dalam hal apapun baik itu karena subjek maupun karena konteks waktunya.
Sumber photo: pexels.com
Pelajari contoh konteks di bawah ini:
  • Yahwa is a bus driver, but now he is in bed asleep.
  • Yahwa adalah seorang supir, tetapi sekarang dia tertidur di tempat tidur.

Dia sedang tidak mengendarai bus. (Dia tertidur)
tapi Dia mengendarai sebuah bus. (Dia adalah seorang supir bus)

Penggunaan kata kerja seperti drive(s) / work(s) / do(es) / sit(s) /  (dan kata kerja lainnya) dalam sebuah kalimat menunjukkan bahwa itu contoh kalimat present tenses. Kata kerja-kata kerja tersebut sering juga disebut dengan istilah verb satu (verb one).

Baca juga : List kata kerja irregular

Mari kita lihat contoh di bawah ini:

I
We
You
They

drive
work
do
sit
He
She
It

It =sebagai kata ganti benda (The table, The chair, The boardmarker, dll), 

atau juga bisa

 sebagai kata ganti binatang (The tiger, The cat, The dragon, dll).

The cat
The dragon
The tiger

drives
works
does










sits
eats
comes


Untuk rumus dari present tense sendiri kurang lebih bisa kita jabarkan seperti di bawah ini.
S   V1  O
Susunan S V O ini dalam bentuk kalimat positif dan masih secara umum. Contoh kalimat-kalimat di bawah ini mungkin sedikit lebih kompleks, namun ini sekedar contoh kalimat present tense:

  • I drive a car.
  • We work in the office.
  • You do your homework.
  • They sit in front of the class.
  • He drives a car
  • She works in the office
  • The cat does its homework. 
Kita menggunakan present simple untuk membicarakan hal-hal secara umum, fakta, atau kejadian yang berulang-ulang. Dengan kata lain present tense adalah pola kalimat yang menunjukkan kebiasaan (habit), aksi, atau fakta, dan hal tersebut tidak mesti harus sedang terjadi. Contoh-contoh kalimat di bawah ini tidak terikat oleh konteks waktu:
  • People eat rice.
  • It rains a lot in Banda Aceh.

Namun, ada beberapa keterangan waktu yang memang menunjukkan bahwa kalimat itu present tense, berikut keterangan-keterangan waktunya:

Always
most of the time
all the time
sometimes
often
rarely
usually
never
every class
every day
every holiday
every hour
every month
every semester
every week
every year


Contoh kalimat:
  • People eat rice everyday
  • It always rains alot in Banda Aceh

Nah sejauh ini, penjelasan-penjelasan dan kalimat kalimat present tense diatas itu berbentuk kalimat positif atau lebih dikenal juga dengan kalimat affirmative. Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana perubahan dari kalimat positif ke kalimat negatif dan juga ke kalimat tanya (introgative).

Sekian saja penjelasan singkat tentang present tense, contoh kalimat dan rumus nya. Semoga bermanfaat.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 

2 comments

Artikel yg bagus. Bahasa yg mudah di mengerti. Dan yg paling penting jgn lupa minta izin sama yahwa krn udah Bawa2 nama dia hehehe... Peace :D


EmoticonEmoticon