Tuesday, December 5, 2017

Penggunaan So Dan Such Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Penggunaan so pada sebuah kalimat bahasa Inggris biasanya untuk menunjukkan bahwa sesuatu itu "sangat" (terlepas dari arti jadi, lalu), contoh sangat bagus, sangat indah, dan sangat-sangat lainnya. Sementara itu penggunaan such (seperti) biasanya digunakan untuk menunjukkan kata "seperti", contoh seperti raksasa, seperti kapal titanic dan seperti seperti lainnya. Pada beberapa kesempatan kita suka di bingungkan dengan penggunaan so dan such pada bahasa Inggris. Lalu apa beda so dan such pada kalimat bahasa Inggris? Pernah tidak mendengar orang-orang ngomong bahasa Inggris seperti ini: I like to go to Paris. The place is so romantic. Bandingkan dengan kalimat yang ini: I like to go to Paris. It is such a romantic place. Dari kedua kalimat itu kita bisa lihat bahwa penggunaan so dan such pada kalimat bahasa Inggris memiliki fungsi yang berbeda.

Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan penggunaan so dan such pada kalimat bahasa Inggris. Agar lebih mudah mari kita lihat contoh-contoh kalimat so dan such di bawah ini:

  • I enjoy the book. The story is so fantastic. 
Jadi, rumus dari penggunaan so adalah sebagai berikut:

so + adjective / adverb
Mari kita bandingkan dengan contoh soal di bawah ini:

  • I enjoy the book. It is such a fantastic story.
Jadi, rumus dari penggunaan such adalah sebagai berikut:

such + noun

Contoh dari rumus such + noun: such a story, such people
such + adjective + noun
Contoh dari rumus such + adjective + noun: such a stupid story


So...that & such...that

So dan such juga bisa di tambahkan kata that setelah kata bendanya. Kurang lebih arti kata that disini adalah "bahwa"atau "sehingga" atau "yang" dan artinya sangat tergantung pada konteks kalimatnya. Beriku beberapa contoh kalimat dari so...that dan such...that.

So...that
Such...that
The book was so good that I couldn't put it down

It was such a good book that I couldn't put it down.

I was so tired that I fell asleep in the sofa
It was such a lovely weather that we spent the whole day on the beach.

Untuk beberapa kasus, kata that boleh digunakan dan juga boleh di hilangkan. Contoh:

So...that
Such...that
I was so tired (that) I fell asleep
It was such lovely weather (that) we...

Nah itu dia sepintang tentang perbedaan so dan such dalam kalimat bahasa Inggris. Semoga artikel penggunaan dan contoh kalimat so dan such dalam bahasa Inggris bisa bermanfaat bagi kita semua. Siilakan share dan komen, atau hanya sekedar say hi ^_^

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon