Thursday, December 7, 2017

Website Belajar Menulis Bahasa Inggris : Write And Improve

Frustasi dengan skripsi, thesis, atau disertasi yang anda tulis dalam bahasa Inggris tak kunjung selesai? Sebagai mahasiswa sudah sepatutnya memang kita harus belajar lebih banyak, terutama dalam meningkatkan kemampuan writing bahasa Inggris kita. Meningkatkan kemampuan writing skill memang tidak bisa dalam satu malam saja. Ianya butuh practice, again, again, and again. Seperti sebuah idom menyebutkan, "Roma tidak dibangun dalam satu hari". Maknanya jika kita ingin tulisan skripsi, thesis, dan disertasi kita tidak di"reject" berkali-kali oleh professor, ada baik nya dari sekarang kita berlatih menulis lebih banyak lagi. Di luaran sana banyak sekali situ-situs yang menyediakan guideline untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris, namun kita masih saja mengalami kendala yang kita sendiri sulit untuk mengungkapkannya dalam kata-kata. Rasanya mau nyerah saja untuk menulis tugas akhir (skripsi, thesis, disertasi) yang menjadi momok menakutkan itu. Yang akhirnya kita memiliki sebutan tersendiri bagi si skripsi atau thesis itu, si monster lah dan lain sebaginya. Kemudian yang lebih parah lagi adalah kita memiliki sebutan "khusus" untuk si dosen pembimbing, you know what I mean, right? ^_^

Well, obat yang pertama adalah membaca. Without reading, believe me you cannot write, khususnya menulis tentang akademik. Membaca banyak journal article yang berkenaan dengan skripsi, thesis, dan disertasi anda akan membantu anda dalam merangkai ide serta paragraph yang akan anda tuangkan kedalam tugas akhir anda.

Diagram dibuat menggunakan Coggle.it

Baca juga: 6 Web Penyedia Journal Artikel Bahasa Inggris.
Baca juga: 6 Pola Pikir Saat Membaca Artikel Penelitian.

Setelah perbanyak reading (buku dan journal article), tentu saja kita harus berlatih menulis. Pada kesempatan kali ini saya akan rekomendasikan satu situs untuk meningkatkan writing skill anda. Situs tersebut adalah writeandimprove.com.

Writeandimprove.com adalah sebuah situs yang di sediakan oleh Cambridge University untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris kita. FREE tentunya, dan banyak latihan yang bisa kita ikuti, mulai dari beginner, intermediate, dan advanve level.


Saya menyarankan untuk membuat akun di situs ini, baik itu via google maupun via facebook. Hal ini agar mempermudah anda login nantinya dan anda tidak lupa pasword. 


Setelah anda log in, anda bisa melihat dashboard di sebelah kiri layar komputer. Silakan mulai menulis dari W&I Beginner, Intermediate, hingga Advance. Pada bagian Test Zone, anda akan berlatih menulis secara akademik. Soalnya disesuaikan dengan materi yang ada pada test IELTS, sehingga disaat bersamaan anda juga belajar IELTS (lagi - bagi yang sudah belajar). Untuk melihat beberapa contoh tulisan yang sudah ada, maka anda bisa langsung klik pada tab Class View.  

Ada beberapa topics yang bisa kita pilih untuk mulai menulis, seperti description, instructions, write an e-mail, dan sebuah paragraph.




Gambar diatas menunjukkan topics yang muncul pada W&I Beginner, di sebelahnya juga tampak topics untuk level intermediate. Pastikan anda yakin sudah mantab dengan level beginner. Setiap topic yang anda pilih akan muncul pertanyaan. Nah berdasarkan pertanyaan tersebut anda menulis. Tulisan anda akan langsung mendapatkan feedback setelah anda klik tombol check dibawah box tulisan anda. 



Setelah mendapatkan feedback, anda bisa mengubah tulisan anda berdasarkan saran yang diberikan. Sesekali tuliskan kalimat anda dalam bentuk passive, itu akan sangat membantu tulisan anda menjadi lebih akademik walaupun tidak seratus persen benar, namun tulisan anda akan bervariasi. 

Fitur lainnya adalah task timer, yaitu pengaturan waktu untuk anda sendiri. Sehingga anda tahu berapa menit anda habiskan untuk menulis satu paragraph. 


Dibawah ini adalah adalah contoh untuk level IELTS. Nah disini anda akan di suguhkan dengan Question 1 dan Question 2. Di samping nya juga disediakan statistik tentang suatu fakta. Dengan menggunakan statistik itu anda harus mampu menulis dalam waktu yang sudah di tentukan (20 menit). Mudah? tidak. Tentu saja tidak. Akan tetapi karena berlatih lagi dan lagi, maka hal itu akan mempermudah kita sedikit. 


Untuk melihat contoh-contoh tulisan dari students lain, maka anda bisa klik pada Class View. Pada Class View ini anda akan melihat banyak contoh tulisan. Mulai dari draft pertama, draft kedua, dan draft ketiga. 

Yang harus kita ingat bersama adalah membuat tulisan akademik tidak bisa dalam satu malam. Ianya adalah sebuah proses. Membaca, menulis, edit, menulis, edit, proofread, edit, menulis lagi, dan begitu selanjutnya hingga kita rasa tulisan kita cukup akademik.


Semoga website writeandimprove ini memberikan manfaat bagi kita mahasiswa yang sedang berjuang menyelesaikan tugas akhir. Pada akhir tulisan ini saya sendiri berharap artikel pendek ini yang berjudul website belajar menulis bahasa Inggris ini bisa memberikan manfaat terutama bagi mereka yang sedang berjuang dengan IELTS, Tugas Akhir, atau Writing for fun. Mohon di share, like, comment, subscribe #eh :D. Masukan dan saran silakan via form contact, agar situs englisheadline ini memberikan manfaat besar bagi anak bangsa dimanapun mereka berada. ^_^ 

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon