Tips umum saat mengikuti tes TOEFL

8:28 AM
Hampir mirip dengan tulisan sebelumnya, kali ini kita masih membahas tips-tips umum sebelum dan saat mengikuti tes TOEFL. Lin Lougheed di dalam bukunya TOEFL Prep Book memberikan tiga dimensi waktu yaitu (1) sebelum mengikuti tes, (2) hari H, dan (3) selama tes berlangsung.

(1) Sebelum mengikuti tes
      Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan di persiapkan sebelum mengikuti tes TOEFL. Beberapa mahasiswa suka mengabaikan nasehat ini, justru dengan mempersiapkan diri sedini mungkin akan membawa kita ke sebuah kesuksesan dalam menghadapi si 'monster' TOEFL itu. Apa-apa saja yang harus di perhatikan? Yang pertama lakukan latihan-latihan dengan menjawab soal-soal TOEFL. Selalu tentukan hari dan waktu belajar yang konsisten. Yang kedua adalah baca sebanyak-banyak nya bacaan di dalam bahasa Inggris, contohnya membaca koran bahasa Inggris atau berita-berita atau bacaan-bacaan yang ada di Internet. Novel juga boleh asalkan dengan bahasa Inggris. Yang ketiga adalah mendengar bahasa Inggris sebanyak-banyak nya, seperti contoh mendengar lagu-lagu dengan bahasa Inggris, berita-berita, atau film-film yang menggunakan bahasa Inggris.Dan yang terakhir adalah rileks sehari sebelum mengikuti tes TOEFL. Apa yang biasa saya lakukan adalah main game pada hari itu atau refreshing ke pantai dan itu sangat penting karena bisa membuat mood kita 100% positive.

(2) Pada hari H (tes TOEFL)
     Pertama-tama dan yang paling utama itu adalah datang on-time. Harus datang on-time ya, secara kita orang Indonesia suka sekali ngaret. Pasalnya jika kita terlambat saat tes TOEFL, maka kita akan kehilangan beberapa soal pada bagian Listening nya. Rugi kan? so be on-time. Yang kedua bawalah semua hal-hal yang di perlukan seperti KTP/Passport, dua pincil 2B beserta penghapus, dan jika perlu jam tangan. Yang ketika, jika memungkinkan duduk lah dekat dengan sound speaker. Yang terakhir adalah patikan diri mu nyaman dan bisa mendengar dengan baik, oh ya jangan lupa berdo'a sebelum di mulai.

(3) Selama tes berlangsung

to be continued ...


Photo credit: Dmytro Zinkevych

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.


EmoticonEmoticon