Tuesday, February 13, 2018

Apa itu Kalimat Active Voice

Apa itu Kalimat Active Voice? - Kalimat active voice adalah sebuah bentuk kalimat (Subjek Predikat Objek - S P O) dimana subjek melakukan kegiatan atau aksi yang berdampak pada objek nya. Contoh: Andi makan timphan (nama makanan). Nah dari contoh sederhana ini kita dapat melihat si andi sebagai subjek yang melalukan aksi "makan"(predikat/verb) kue "timphan"(objek). Kurang lebih di sebut kalimat aktif karena si subjek yang melakukan aksi/kegiatan tersebut yang menjadi korban nya adalah si objek. Mari kita lihat beberapa contoh lainnya.

  1. Rabumah mencuci baju [Rabumah washes clothes]
  2. Kucing itu mengirim surat [The cat sends a letter]
  3. Anita dan Zahir memasak mie goreng [Anita and Zahir cook fried noodle]
  4. Mereka menulis novel [They write a novel]
  5. Kami memberi bunga [We give a flower]

Jadi kita bisa menarik kesimpulan bahwa rumus kalimat active voice adalah sebagai berikut.

S + V + O

Dari konsep dasar diatas, kalimat active voice penting untuk di ketahui juga bahwa rumus S P O (SVO) juga berfungsi pada tenses-tenses lainnya. Namun harus ada sedikit penyesuaian akan tetapi tetap dengan format S P O (SVO).

Baca juga: Mengenal dan Belajaar 16 Tenses dalam Bahasa Inggris.

Begitu kita mengetahui tentang konsep dasar dari kalimat active voice, kita akan dengan mudah nantinya mengubah pola kalimat menjadi passive voice. Kita akan membahas tentang passive voice pada artikel selanjutnya.

Permasalahan yang muncul?

Saat sedang belajar kalimat passie voice, guru bahasa Inggris keseringan langsung mengajarkan passive dari pada active voice. Di satu segi memang tidak menjadi masalah, namun bagi mereka yng benci bahasa Inggris, akan menambah kebencian mereka untuk belajar. Belajar memahami active voice dapat membuat kita memahami kalimat passive voice dengan cepat.

Nah sekian saja artikel tentaang apa aitu kalimat active voice, dan akan kitaa sambung di masa yang akan datang.

Jika ada yang masih kurang jelas tentang ini baik itu rumus kalimat active voice maupun contoh kalimat active voice, silakan comment di bawah. Masukan untuk perbaikan artikel mengenai apa itu kalimat active voice juga boleh baik itu di kotak komen di bawah ini maupun via contact. Semoga artikel active voice ini memberikan manfaat walaupun hanya singkat.

Baru belajar menulis blog dengan serius di tahun ini. Semoga tulisan yang saya persembahkan bisa di ambil manfaat nya terutama dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris. 


EmoticonEmoticon